kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ada potensi zakat Rp 232 triliun, Jokowi minta dimaksimalkan


Kamis, 16 Mei 2019 / 15:48 WIB
Ada potensi zakat Rp 232 triliun, Jokowi minta dimaksimalkan

Reporter: Abdul Basith | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Presiden Joko Widodo meminta potensi zakat yang ada di Indonesia bisa dimaksimalkan. "Potensi zakat yang besar di Indonesia harus bisa kita maksimalkan," ujar Jokowi saat menemui Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kamis (16/5).

Potensi zakat yang dapat dikumpulkan mencapai angka Rp 232 triliun. Sementara saat ini yang masuk dalam Baznas sebesar Rp 8,1 triliun.


Jokowi berharap ke depan akan terdapat lompatan pertumbuhan pengumpulan dan penyaluran zakat di Indonesia. Nantinya zakat tersebut dapat digunakan untuk mendorong upaya pengentasan kemiskinan.

Guna meningkatkan potensi Baznas, Jokowi mendorong penggunaan teknologi digital. Hal itu baik dalam proses pengumpulan mau pun penyaluran zakat. "Ke depan saya harapkan, dalam pengumpulan dan penyaluran zakat ini akan terintegrasi dengan digital dan database zakat," terang Jokowi.

Hal itu akan membuat pengumpulan dan penyaluran zakat lebih efektif dan efisien. Saat ini Baznas menyediakan 30 konter pembayaran zakat baik secara dan non tunai. Jokowi juga menyampaikan akan kembali mempertimbangkan pembuatan Peraturan Presiden (Perpres) terkait pembayaran zakat Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kalau dianggap sudah perlu ya dorong ke meja saya, tergantung pak Menteri Agama (Menag)," jelas Jokowi.


Tag


TERBARU

Close [X]
×