kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,68   -0,95   -0.09%
  • EMAS957.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Varian Omicron BA.4 dan BA.5 Ditermukan di Bali, Begini Respons Dinas Kesehatan


Sabtu, 11 Juni 2022 / 05:00 WIB
Varian Omicron BA.4 dan BA.5 Ditermukan di Bali, Begini Respons Dinas Kesehatan


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - DENPASAR. Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengumumkan adanya empat kasus Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang ditemukan di Bali.

Meski begitu, temuan tersebut dipastikan tidak memberi dampak terhadap kenaikan kasus Covid-19 di Bali. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, I Nyoman Gede Anom, saat dihubungi wartawan, Jumat (10/6/2022) malam.

Anom mengatakan, keempat kasus yang terdiri dari seorang WNI dan tiga orang WNA tersebut dinyatakan positif Covid-19 pada Rabu (25/5/2022) dan Kamis (26/5/2022).

Sementara itu, rata-rata jumlah kasus baru virus corona di Pulau Dewata masih pada angka 1 sampai 20 setiap hari dalam dua pekan terakhir.

"Selama dua minggu belum ada lonjakan dan belum ditemukan (kasus varian baru)," kata Anom.

Baca Juga: Ahli: Kenaikan Kasus Covid-19 Usai Lebaran Sesuai Perkiraan

Ia menjelaskan, saat ini, di Bali tingkat penularan Covid-19 sebesar 0,49 persen dan rasio kasus positif atau angka positivity rate di bawah 2 persen.

Selanjutnya, tingkat perawatan rumah sakit 0,12 persen, angka kematian 0,02 persen, dan pembatasan kegiatan atau PPKM Bali berada pada Level 1. Kondisi tersebut di tengah banyaknya kegiatan berskala besar, baik nasional maupun internasional yang diselenggarakan di Bali.

Sementara, varian baru ini disebut tingkat penularannya sangat cepat yang menyebabkan beberapa negara di Eropa kembali mengalami peningkatan kasus Covid-19.

Baca Juga: Terdeteksi di Indonesia, BA.4 dan BA.5 Lebih Menular dari Omicron Siluman

"Mudah-mudahan belum kita temukan karena spesifik yang positif kita kirim spesimen ke Jakarta untuk kita lihat adakah spesimen baru ini kalau tidak berarti mereka saja yang tamu itu yang kena," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Varian Omicron BA.4 dan BA.5 Ditemukan di Bali, Ini Respons Dinkes"
Penulis : Kontributor Bali, Yohanes Valdi Seriang Ginta
Editor : Andi Hartik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×