kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45868,63   6,96   0.81%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Untuk Keperluan SYL, Direktorat Kementan Siapkan Rp 30 Juta Tiap Bulan


Kamis, 16 Mei 2024 / 06:36 WIB
Untuk Keperluan SYL, Direktorat Kementan Siapkan Rp 30 Juta Tiap Bulan
ILUSTRASI. Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengenakan rompi tahanan KPK usai konferensi pers penahanan dirinya di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023). KPK menahan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pemerasan dalam jabatan dan penerimaan gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Kementerian Pertanian (Kementan) disebut rutin menyiapkan uang sebesar Rp 30 juta per bulan untuk memenuhi kebutuhan eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Hal ini diungkap Kepala Bagian (Kabag) Umum Direkrorat Jenderal (Ditjen) Tanaman Pangan Kementan Edi Eko Sasmito saat dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi yang menjerat SYL.

Uang puluhan juta untuk SYL itu terungkap ketika Jaksa KPK menggali sharing atau patungan yang rutin disiapkan Direktorat di Kementan.

"Apa itu sharing rutin?" tanya jaksa dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Baca Juga: KPK: SYL Jalan-Jalan ke Luar Negeri Dibuat Seolah Perjalanan Dinas

"Rutin itu misalnya, di 2022 itu waktu saya kumpulin itu per Direktorat itu per bulan Rp 30 juta," kata Edi.

Edi mengatakan uang Rp 30 juta per bulan itu sengaja dikumpulkan masing-masing Direktorat untuk jaga-jaga jika tiba-tiba ada permintaan dari SYL.

Bahkan, jika uang puluhan juta per bulan yang disiapkan itu tidak cukup, maka Direktorat akan kembali patungan memenuhi jumlah tersebut. "Sudah dipatok Rp 30 juta?" timpal Jaksa.

Menjawab pertanyaan itu, Edi menyebut bahwa kebutuhan SYL kerap tidak terduga. Pasalnya, keperluan anak eks Mentan, Indira Chunda Thita Syahrul juga menggunakan dana Kementan.

"Misal tiket Bu Thita, kemudian ada juga yang luar negeri, kalau yang luar negeri kan (perlu anggaran) besar. Jadi mau tidak mau kita sharingnya harus ada tambahan jadi ada namanya sharing insidentil,” kata Edi.

Baca Juga: KPK Terus Mendalami Kasus Terkait Food Estate

“Jadi kalau ada permintaan yang besar itu baru kita kumpulkan lagi temen-temen Direktorat untuk menambah iuran. Kalau yang Rp 30 juta-an itu untuk biar kalau ada permintaan permintaan langsung ada uang yang bisa disampaikan," ucapnya.

Dalam perkara ini, Jaksa KPK menduga SYL menerima uang sebesar Rp 44,5 miliar hasil memeras anak buah dan Direktorat di Kementan untuk kepentingan pribadi dan keluarga.

Pemerasan ini disebut dilakukan SYL dengan memerintahkan eks Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan, Muhammad Hatta; dan eks Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono; Staf Khusus Bidang Kebijakan, Imam Mujahidin Fahmid, dan Ajudannya, Panji Harjanto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Direktorat Kementan Siapkan Rp 30 Juta Tiap Bulan untuk Keperluan SYL"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×