kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Syarat Vaksin Booster Dipermudah, Ini Cara Cek Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Hp


Rabu, 23 Februari 2022 / 07:45 WIB
Syarat Vaksin Booster Dipermudah, Ini Cara Cek Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Hp
ILUSTRASI. Syarat Vaksin Booster Dipermudah, Ini Cara Cek Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Hp


Sumber: Sehat Negeriku,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Syarat vaksin Covid-19 booster dipermudah. Kini, syarat vaksin Covid-19 booster bagi kempok lansia (berusia di atas 60 tahun) tak perlu menunggu 6 bulan setelah vaksin dosis kedua, tapi cukup 3 bulan.

Kementerian Kesehatan menerbitkan ketentuan baru terkait syarat pemberian vaksin Covid-19 booster terutama bagi kelompok lansia. Pada aturannya sebelumnya, syarat vaksin Covid-19 booster diberikan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dosis kedua.

Kini interval waktunya lebih cepat, syarat vaksin Covid-19 booster bagi lansia bisa diberikan minimal 3 bulan setelah menerima vaksinasi dosis lengkap.

Aturan vaksin Covid-19 booster baru ini tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor SR.02.06/II/ 1123 /2022 tentang Penyesuaian Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster) bagi Lansia.

Surat Edaran Nomor SR.02.06II 1123 2022 tentang Penyesuaian Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster) bagi Lansia

SE ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Nomor HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster) tanggal 12 Januari 2022 serta rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional No ITAGI/SR/5/2022 yang dikeluarkan pada tanggal 21 Februari 2022.

“Kalau sebelumnya vaksinasi booster diberikan minimal 6 bulan, mulai hari ini pemberian dosis booster bagi lansia dapat diberikan dengan interval minimal tiga bulan setelah mendapat vaksinasi primer lengkap,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi di Jakarta (22/2).

Baca Juga: PeduliLindungi Sempat Hilang di App Store, Ini Cara Lain Download Sertifikat Vaksin

Adapun kombinasi regimen vaksin yang digunakan untuk vaksinasi booster lansia bisa secara homolog dan heterolog dengan menyesuaikan ketersediaan vaksin di masing-masing daerah.

Pada prinsipnya seluruh jenis vaksin yang telah mendapatkan EUA dari BPOM serta rekomendasi dari ITAGI bisa digunakan untuk percepatan vaksinasi booster lansia.

Namun, karena vaksin Sinovac jumlahnya terbatas dan diperuntukkan bagi sasaran anak usia 6-11 tahun, maka untuk booster ini dapat menggunakan vaksin selain Sinovac.

Nadia menekankan agar percepatan vaksinasi booster lansia berjalan beriringan dengan vaksinasi primer. Pelaksanaannya juga harus merata di seluruh Indonesia, mengingat masih ada beberapa daerah yang cakupan vaksinasi keduanya dibawah 70% dari populasi.

“Percepatan vaksinasi baik primer maupun booster perlu dilakukan mengingat pasien Covid-19 yang meninggal sebagian besar adalah masyarakat yang belum divaksinasi, lansia dan orang dengan penyakit penyerta,”ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya mendorong daerah yang cakupan vaksinasinya belum sesuai dengan target kekebalan kelompok yakni minimal 70% dari populasi agar terus digencarkan.

Nadia juga mengajak masyarakat yang belum vaksinasi maupun yang belum melengkapi dosis primer juga booster terutama pada lansia agar segera melakukan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan atau di sentra vaksinasi terdekat.

“Mengingat faktor risikonya yang tinggi, kami mengimbau kepada masyarakat yang memang belum divaksinasi ataupun vaksinasinya belum lengkap, agar secepatnya dilengkapi. Jangan menunda dan jangan pilih-pilih vaksin, karena vaksinasi terbaik adalah vaksinasi yang dilakukan sekarang juga,” pesannya.

Cara cek lokasi vaksin Covid-19 dan booster terdekat

Dilansir dari Kompas.com, cara cek lokasi vaksinasi Covid-19 terdekat bisa dilakukan secara online melalui ponsel. Masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi Covid-19 atau vaksin booster bisa mencari lokasi vaksinasi via Google Maps atau website resmi pemerintah setempat.

Aplikasi Google maps yang terdapat di Android dan IOS dapat digunakan untuk melakukan cek lokasi vaksin Covid-19 dosis kedua dan booster. Cara cek lokasi vaksin Covid-19 maupun booster bisa ditentukan sesuai dengan lokasi terdekat pengguna.

Berikut cara cek lokasi vaksin Covid-19 dan booster terdekat:

  • Buka aplikasi Google Maps pada ponsel.
  • Masukkan kata kunci berupa lokasi vaksin Covid-19 terdekat pada kolom pencarian.
  • Tunggu beberapa saat, Google Maps akan melakukan pencarian secara otomatis.
  • Pengguna bisa memilih lokasi vaksinasi Covid-19 sesuai hasil pencarian Google Maps.
  • Pengecekan melalui aplikasi Google Maps ini bisa dilakukan oleh pengguna di manapun di seluruh Indonesia.

Cara cek lokasi vaksin Covid-19 dan booster lewat situs website

Selain menggunakan aplikasi Google Maps, cara cek lokasi vaksin Covid-19 dan booster juga bisa dilakukan melalui situs website corona.jakarta.go.id. Pengecekan lokasi vaksinasi Covid-19 melalui situs website ini bisa dilakukan bagi warga DKI Jakarta atau warga Indonesia yang berdomisili di Jakarta.

Berikut cara cek lokasi vaksin Covid-19 dan booster melalui situs website:

  • Masuk ke laman corona.jakarta.go.id.
  • Klik tab menu Vaksinasi
  • Pilih kuota vaksinasi JAKI

Pada laman itu, pengguna bisa menyesuaikan lokasi vaksinasi, tanggal vaksinasi, jenis faskes, nama vaksin, wilayah, kecamatan, kelurahan dan dosis vaksinasi.

Cek lokasi vaksin Covid-19 via website layanan info faskes

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (16/2/2022), masyarakat di Indonesia juga bisa menemukan lokasi vaksinasi Covid-19 melalui situs covid19.go.id/faskesvaksin. Berikut cara cek lokasi vaksin Covid-19 dan booster melalui situs website covid19.go.id:

Masuk ke laman covid19.go.id/faskesvaksin.

Sesuaikan lokasi provinsi dan kebupaten sesuai dengan lokasi terdekat pengguna.

Klik ‘cari sekarang’ dan tunggu sampai situs tersebut menemukan lokasi terdekat vaksinasi Covid-19 secara otomatis.

Sejumlah nama fasilitas kesehatan, nomor telepon, dan titik lokasi akan muncul.

Sebagai tambahan informasi, fasilitas kesehatan yang ditemukan didekat lokasi pengguna tidak semuanya siap melakukan dan menyediakan vaksinasi. Fasilitas kesehatan dengan tanda berwarna hijau pada keterangan siap vaksinasi saja yang bisa melakukan vaksinasi secara langsung.

Dengan mengklik tombol ‘info selengkapnya’, pengguna bisa mengetahui jadwal pelaksanaan vaksinasi, waktu, metode pendaftaran, usia pendaftar, dan ketersediaan stock vaksinasi.

Sementara fasilitas kesehatan yang berstatus warna merah pada keterangan hubungi perlu dipastikan kembali apakah fasilitas kesehatan tersebut masih menyediakan vaksinasi dalam waktu dekat. Cara memastikannya bisa dilakukan dengan menghubungi nomor fasilitas kesehatan terkait yang sudah tertera.

Itulah infomasi syarat vaksin Covid-19 booster bagi lansia yang dipermudah, beserta cara cek lokasi vaksin Covid-19 dan booster. Ingat, setelah vaksin Covid-19 harus tetap menjalankan protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×