Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepercayaan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini masih terus membaik, meski masih tertahan di area pesimistis.
Berdasarkan survei konsumen Bank Indonesia (BI), ini tercermin dari Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) pada bulan November 2021 yang sebesar 99,2, atau naik dari 91,8 pada bulan sebelumnya.
Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, peningkatan persepsi konsumen akan kondisi ekonomi saat ini didorong oleh adanya pelonggaran pembatasan mobilitas.
“Sehingga, aktivitas ekonomi membaik, dan penghasilan masyarakat membaik, sejalan dengan meningkatnya mobilitas,” tulis Erwin dalam laporannya, Rabu (8/12).
Baca Juga: Peningkatan inflasi belum cerminkan peningkatan permintaan yang signifikan
Erwin kemudian memerinci, meningkatnya IKE ini didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya, terutama pada Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja yang naik 9,7 poin menjadi 96,3 pada bulan November 2021.
Kenaikan indeks tersebut terjadi pada seluruh kelompok pendidikan, khususnya responden dengan latar belakang pendidikan SLTA. Berdasarkan usia responden, peningkatan indeks juga terjadi pada seluruh kelompok usia.
Selanjutnya, peningkatan IKE didorong oleh peningkatan Indeks Penghasilan Saat Ini sebesar 7,8 poin menjadi 108,3.
Peningkatan Indeks Penghasilan saat Ini terutama terlihat pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per bulan.
Baca Juga: Kemenkeu akan fokus pada pembiayaan digital untuk UKM di 2022
Sementara itu, ditinjau berdasarkan usia, Indeks Penghasilan Saat Ini tercatat meningkat pada seluruh kelompok usia responden.
Seiring dengan membaiknya keyakinan terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja pada November 2021, keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama (durable goods) juga membaik.
Indeks tercatat sebesar 93,0 alias naik 4,6 poin dari bulan sebelumnya.
Baca Juga: Peningkatan harga minyak goreng sumbang peningkatan inflasi November 2021
Kenaikan indeks terjadi pada mayoritas pengeluaran responden, tertinggi pada responden dengan pengeluaran lebih dari Rp 5 juta per bulan.
Berdasarkan kategori usia, kenaikan indeks terjadi pada seluruh kelompok usia responden.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News