kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS995.000 -1,19%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

Sebanyak 500 subjek uji klinis telah disuntik vaksin corona buatan Sinovac


Selasa, 01 September 2020 / 17:52 WIB
Sebanyak 500 subjek uji klinis telah disuntik vaksin corona buatan Sinovac
ILUSTRASI. Sebanyak 500 subjek uji klinisi vaksin virus corona (Covid-19) dari Sinovac telah menerima injeksi.

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 500 subjek uji klinisi vaksin virus corona (Covid-19) dari Sinovac telah menerima injeksi. Ini bagian dari uji klinisi tahap ketiga vaksin corona hasil kerjasama antara Indonesia dengan China. Tahapan uji klinis tersebut telah dilakukan di Bandung, Jawa Barat.

"Hingga akhir Agustus 2020 ini terdapat kurang lebih 500 subjek yang telah direkrut dan sudah mendapatkan tahapan penyuntikan," ujar Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito saat konferensi pers, Selasa (1/9).

Penny meyakini uji klinik tahap ketiga dari vaksin Sinovac tersebut akan memberikan hasil yang baik. Sehingga nantinya vaksin dapat dipergunakan di Indonesia untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Baca Juga: BPOM: Vaksin G42-Sinopharm dari Uni Emirat Arab sudah bersertifikasi halal

Sejalan dengan itu, BPOM pun mempersiapkan percepatan terkait pemberian izin edar dari vaksin tersebut. Sehingga vaksin akan lebih cepat diproduksi dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan.

"Ini terus kita kawal juga dalam pelaksanaannya, pelaksanaan uji klinik kemudian evaluasi hasil uji klinik untuk pemberian emergency use authorization atau izin pada masa darurat dan persiapan sarana produksi di Biofarma untuk melakukan transfer teknologinya dalam rangka pengembangan menjadi produk komersilnya," terang Penny.

Selain kerja sama dengan Sinovac, Indonesia juga melakukan kerja sama lain dalam pengembangan vaksin. Antara lain adalah kerja sama Kimia Farma dengan G42 dari Uni Emirat Arab serta kerja sama Kalbe Farma dengan Genexine.

Saat ini terdapat 33 kandidat vaksin yang telah memasuki uji klinik. Serta terdapat 143 kandidat lain dalam tahap uji, baik itu praklinik dan lain-lain di seluruh dunia.

Baca Juga: Indonesia mulai vaksinasi corona Januari 2021, siapa yang lebih dulu dapat?

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×