kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45968,15   1,50   0.15%
  • EMAS1.079.000 0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Sandiaga Uno Sentil Event Motor Trail yang Rusak Kawasan Ranca Upas


Selasa, 14 Maret 2023 / 10:26 WIB
Sandiaga Uno Sentil Event Motor Trail yang Rusak Kawasan Ranca Upas
ILUSTRASI. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyayangkan gelaran event motor trail yang merusak objek wisata Kampung Cai Ranca Upas, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

"Ini adalah penyelenggaraan event yang tidak bertanggung jawab merusak lingkungan dan merugikan bukan hanya masyarakat sekitar tapi seluruh ekosistem pariwisata kita, ini merusak kawasan yang ditumbuhi tanaman langka yaitu edelweis," kata Sandiaga di Kantor Kemenparekraf, Senin (13/3).

Sandiaga mengatakan, seharusnya penyelenggara event atau EO melakukan manajemen resiko dan memastikan setiap kegiatan yang berlangsung tidak merugikan masyarakat maupun lingkungan.

Baca Juga: Sandiaga Pantau Wisman dari China Terkait Kasus Flu Burung

Untuk saat ini menurutnya kasus ini telah ditangani oleh pihak kepolisian,  dinas lingkungan hidup Jawa Barat untuk mengukur kadar kerusakan lingkungan imbas dari kegiatan itu.

Dari Kemenparekraf sendiri ke depannya akan mendorong digitalisasi perizinan penyelenggaraan event untuk memitigasi hal hal yang tidak diinginkan.  

"Kita akan pastikan digitalisasi event ini akan kita zonasi dan kita awali dan pastikan penyiapan digitalisasi sisi perizinan diuji coba tepat waktu," tutur Sandiaga.

Ia juga mengatakan pihaknya akan menerapkan sistem insentif dan punishment dalam sistem digital bagi penyelenggara even. Bagi penyelenggara yang tidak bertanggung jawab terhadap kegiatan maka akan diberikan daftar hitam atau blacklist.

"Sistem ini masih dalam proses penyiapan intensif lintas kementerian lembaga. Kami akan melibatkan asosiasi industri penyelenggara event dan akan diuji coba pada bulan Mei dan juni," ungkap Sandiaga.

Baca Juga: Sandiaga Uno Upayakan Harga Tiket Pesawat Murah Berlaku di Seluruh Provinsi

Diketahui, Baru-baru ini beredar kabar kawasan Ranca Upas rusak akibat acara motor trail yang diselenggarakan pada Minggu (5/3).

Kabar tersebut bermula dari unggahan video di media sosial menampilkan seorang petani yang marah-marah karena sebagian lahan Edelweis Rawa di Ranca Upas rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Commitment-Based Performance Performance Based Budgeting

[X]
×