kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sandiaga Pantau Wisman dari China Terkait Kasus Flu Burung


Selasa, 07 Maret 2023 / 15:23 WIB
Sandiaga Pantau Wisman dari China Terkait Kasus Flu Burung
ILUSTRASI. Kasus Flu Burung Muncul, Sandiaga Pastikan Wisman dari China Terus Dipantau


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan pihaknya akan terus memantau secara rutin para wisatawan mancanegara asal China yang memasuki Indonesia.

Hal ini menyusul ditemukannya kasus flu burung di China.

"Kita harapkan kasus ini terus dipantau untuk memastikan tidak ada efek terhadap flu burung itu kepada wisatawan yang datang dari mancanegara terutama dari Tiongkok," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara daring, Senin (6/3/2023).

Sandiaga menambahkan, hingga kini belum ada laporan terkait mutasi kasus flu burung terhadap manusia.  Kendati demikian, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan wisatawan mancanegara yang memasuki Indonesia tetap dalam protokol kesehatan.

Baca Juga: Pemerintah Mewaspadai KLB Flu Burung

"Kami kemarin juga sampaikan saat Xiamen Airlines terbang, bahwa kami menyambut wisman khususnya dari Tiongkok, tapi tentunya dalam bingkai prokes yang dipantau secara rutin oleh instansi kesehatan," tutur dia.

China laporkan kasus flu burung yang menular ke manusia

Sebagaimana diberitakan Kompas.com (3/3/2023), China kembali melaporkan adanya kasus flu burung yang menginfeksi manusia. Kasus flu burung di China terjadi pada pria dan wanita yang jarak lokasi keduanya lebih dari 800 mil.

Kasus pertama terjadi pada seorang wanita (53) dari Provinsi Jiangsu China timur yang dinyatakan positif bulan lalu. Adapun wanita tersebut terinfeksi flu burung jenis H5N1 usai makan ayam pada 31 Januari 2023. Ia pun dinyatakan positif H5N1 pada bulan Februari 2023.

Baca Juga: Pemerintah Waspada KLB Flu Burung

Sementara kasus kedua yakni pada pria berusia 49 tahun dari Provinsi Guangdong China yang positif H5N6 usai melakukan kontak dengan unggas hidup. Ia mengalami gejala pada 17 Desember 2022 dan dirawat di rumah sakit empat hari kemudian dalam kondisi serius.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Flu Burung Muncul, Sandiaga Pastikan Wisman dari China Terus Dipantau"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×