kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,39   11,11   1.29%
  • EMAS1.350.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diramal Masih Ada di Kisaran 5% hingga 2025


Sabtu, 18 Mei 2024 / 21:10 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diramal Masih Ada di Kisaran 5% hingga 2025
ILUSTRASI. Deretan gedung bertingkat di Jakarta dilihat dari ketinggian, Minggu (5/5/2024). (KONTAN/Cheppy A. Muchlis)


Reporter: Rashif Usman | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ekonomi Indonesia diproyeksi masih tumbuh di sekitar 5% pada 2024 dan 2025. Sejumlah lembaga internasional seperti IMF, World Bank, ADB, OECD dan Fitch Ratings memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di level sekitar 5% pada tahun 2024-2025.

Ekonom Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB), Arief Ramayandi memproyeksikan ekonomi Indonesia akan tumbuh pada level 5% pada tahun 2024 dan 2025.

Dalam prediksinya, pertumbuhan ekonomi Indonesia di Asia Tenggara masih lebih tinggi dibandingkan Malaysia, Singapura dan Thailand pada periode tersebut.

Arief menyampaikan permintaan dalam negeri atau domestic demand menjadi faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi. Permintaan dalam negeri tersebut akan menghilangkan dampak negatif dari ekspor neto Indonesia yang masih tertekan.

Baca Juga: Defisit APBN Berpotensi Melebar, Utang Luar Negeri Pemerintah Terancam Naik

Ia menjelaskan bahwa risiko dari proyeksi yang dilakukan ADB untuk 2024 adalah kondisi eksternal yang masih lemah, sehingga menekan permintaan ekspor itu. Akan tetapi, pada saat yang sama kondisi positif datang dari Pemilu yang berjalan relatif dan lancar.

"Untuk tahun 2025 kita harap permintaan ekspor mulai membaik. Jika hal ini terjadi, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang selama ini ditopang oleh permintaan domestik mulai bisa didukung dari permintaan ekspor," kata  Arief dalam agenda Asian Development Outlook 2024 beberapa waktu lalu.

Selain itu, Arief menerangkan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia penting untuk mengedepankan produktivitas tenaga kerja. Menurutnya, beberapa tantangan ke depan soal tenaga kerja perlu didorong lebih optimal.

"Dalam report kami, salah satu tantangan pembangunan jangka menengah panjang adalah kondisi produktivitas ketenagakerjaan kita yang masih belum kompetitif, serta komposisi tenaga kerja yang didominasi masyarakat berpendidikan relatif rendah," ujarnya.

Ia mengimbau agar pemerintah mampu meningkatkan level pendidikan dan keahlian tenaga kerja yang ada baik formal maupun informal, di saat yang sama pemerintah juga perlu meningkatkan kesempatan untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang sifatnya skill intensif.

Pengamat Ekonomi dari Indonesia Strategic and Economic Action Institution, Ronny P Sasmita memprediksi pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada tahun 2024 mencapai level 4,9%-5%. Sementara untuk 2025 berkisar 5%-5,2%.

Ronny menerangkan, perekonomian Indonesia utamanya masih ditopang dari consumption based untuk tahun ini dan tahun depan. 

Baca Juga: Sri Mulyani Akui Pengetatan Impor Barang Ganggu Sektor Manufaktur Indonesia

Melihat faktor itu, Ia mengatakan akhirnya bisa dipahami alasan pemerintah mengalokasikan anggaran bansos (bantuan sosial) yang cukup besar, karena tekanan daya beli masyarakat akibat kenaikan berbagai harga kebutuhan pokok, namun konsumsi harus tetap dijaga.

"Dan bansos adalah cara paling mudah dan cepat untuk mempertahankan daya beli masyarakat kelas menengah ke bawah, terutama dalam bentuk BLT (bantuan langsung tunai)," kata Ronny kepada Kontan, Kamis (16/5).

Selain itu, belanja pemerintah akan menjadi penopang pertumbuhan lainnya yang dalam beberapa tahun terakhir kontribusinya sangat besar dalam menahan agar pertumbuhan tidak turun lebih rendah. Diikuti investasi dan ekspor yang keduanya sebenarnya sedang dalam keadaan tertekan.

Ronny juga menjelaskan, secara sektoral hilirisasi berbagai komoditas strategis nasional, ekonomi digital, pariwisata, dan pengembangan ekonomi hijau, bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×