kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengusaha sebut UU Cipta Kerja justru beri kepastian bagi dunia usaha dan pekerja


Jumat, 09 Oktober 2020 / 19:48 WIB
Pengusaha sebut UU Cipta Kerja justru beri kepastian bagi dunia usaha dan pekerja
ILUSTRASI. Anton Supit, Wakil Ketua Umum Kadin


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial Anton J Supit menyebut, Undang-Undang Cipta Kerja memberikan kepastian bagi pengusaha juga tenaga kerja.

"Baik investor dan buruh itu memerlukan kepastian. Kalau pengusaha kepastian berusaha, kalau buruh kepastian atas adanya perlindungan. Kalau dibaca di pasal itu [UU Cipta Kerja], dua-duanya terjamin," ujar Anton kepada Kontan, Jumat (9/10).

Anton berpendapat, perlu dilihat pula mengapa UU Cipta Kerja ini hadir. Dia menjelaskan, sebelum adanya Covid-19 pun, angka pengangguran di Indonesia cukup tinggi. Menurutnya ada sekitar 7 juta orang yang pengangguran, sekitar 8 juta setengah menganggur, sekitar 28 juta pekerja paruh waktu dan ada lebih dari 2  juta angkatan kerja baru.

"Semua ini membutuhkan lapangan kerja," terang Anton.

Baca Juga: Jokowi ungkap alasan tetap pertahankan UU Cipta Kerja kendati banyak ditentang

Belum lagi dia menyebut orang-orang yang masuk dalam golongan miskin. Tak hanya jumlah penduduk miskin yang tercatat BPS, tapi juga orang yang tidak mampu membayar iuran BPJS Kesehatan yang berkisar 96,8 juta.

Di lain sisi, lapangan kerja tidak ada lantaran iklim investasi yang tidak kondusif. Menurutnya, persoalan ini tidak hanya dari sisi perizinan tapi juga berkaitan dengan isu tenaga kerja.

Menurutnya, salah isu yang paling krusial terkait ketenagakerjaan adalah mengenai pesangon. Menurutnya, dengan pesangon yang potensi maksimal bisa mencapai 32,4 bulan, maka akan sulit untuk menarik investor.

"Kalau kita exercise  di 1 jenis usaha, dengan 9.000 karyawan. Kalau menutup pabrik, pesangon yang dibayar Rp 800 miliar, lantas dibayar pakai apa membayar aset. Semua aset dijual hanya Rp 600 miliar. Kalau investor melihat ini mau masuk tidak sekarang?" jelas Anton.

Menurutnya, jumlah pesangon tersebut memang akan adil kepada buruh yang bekerja, tetapi tidak menambah lapangan pekerjaan. Sehingga menurutnya, aturan ini tidak adil kepada orang yang tidak bekerja.

Karena itu, dia pun berpendapat aturan yang bisa menghambat masuknya investasi harus diubah. Menurutnya, pesangon yang diturunkan pun tidak akan merugikan pekerja karena pesangon yang didapatkan tidak kalah dengan negara lain, sementara di satu sisi memberikan kesempatan orang lain untuk bekerja.

Bahkan menurut Anton, bila pesangon yang didapatkan menjadi 19 kali gaji, jumlah  tersebut masih jauh lebih tinggi dibandingkan negara lain.

Baca Juga: Solusi Digital Bank Mandiri dukung produktivitas pelaku usaha di tengah pandemi

Tak hanya menyoroti mengenai pesangon, Anton pun menyinggung mengenai upah minimum. Menurutnya, dengan adanya UU Cipta Kerja ini, upah yang sudah ditetapkan tidak mungkin menurun.

"Karena UU ini hanya  mengatur upah minimum itu hanya berdasarkan pertumbuhan daerah atau inflasi. atas dasar yang sekarang ini. Jadi upah yang minimum yang ada sekarang ini tidak akan berubah, kenaikannya diatur," jelas Anton.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×