kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Pemerintah tetapkan target investasi untuk KEK Singhasari, Kendal, dan Likupang


Senin, 06 Januari 2020 / 17:29 WIB
Pemerintah tetapkan target investasi untuk KEK Singhasari, Kendal, dan Likupang
ILUSTRASI. Kendal Industrial Park: Suasana di Kendal Industrial Park, Jawa Tengah, Rabu (20/2). Kendal Industrial merupakan kawasan industri baru yang dikembangkan oleh PT. Jababeka, Tbk. KONTAN/Baihaki/20/2/2019

Reporter: Grace Olivia | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui penetapan tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sepanjang tahun 2019 lalu.

Pertama, KEK Singhasari di Jawa Timur melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 Tahun 2019. Kedua, KEK Kendal di Jawa Tengah melalui PP Nomor 85 Tahun 2019. Ketiga, KEK Likupang di Sulawesi Utara melalui PP Nomor 84 Tahun 2019.

Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso hari ini, Senin (6/1), menyerahkan salinan ketiga PP tersebut kepada para Bupati dan Badan Usaha Pengusul KEK tersebut.

Penyerahan salinan aturan tersebut juga sekaligus disertai penetapan target investasi untuk ketiga KEK dalam jangka menengah ke depan.

Baca Juga: Setelah Kendal, pemerintah terus lakukan kajian dalam mencari daerah KEK lainnya

“Kenapa hari ini kami kumpulkan ketiga pengurus KEK yang baru ini, karena kami ingin duduk bersama agar dari awal untuk mendorong betul targetnya (investasi). Termasuk kita ingatkan kalau targetnya tidak tercapai, implikasinya akan kita evaluasi kembali untuk fasilitas maupun insentifnya nanti,” tutur Susi saat ditemui usai acara penyerahan salinan PP KEK.

KEK Singhasari disiapkan  sebagai pusat pariwisata bertaraf internasional sekaligus pusat industri kreatif atau digital. Target investasi di KEK Singhasari ditetapkan sebesar Rp 12,5 triliun dengan serapan tenaga kerja sebanyak 6.860 orang dalam jangka waktu lima tahun ke depan.

Selain itu, KEK Singhasari diproyeksi dapat menyumbang  devisa sebesar Rp 23,6 miliar hingga 2030, serta sekitar Rp 135,33 miliar kontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Malang di 2030.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×