kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45864,92   2,74   0.32%
  • EMAS924.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pemerintah AS beri bantuan US$ 3 juta ke Indonesia untuk penanganan virus corona


Kamis, 23 April 2020 / 15:31 WIB
Pemerintah AS beri bantuan US$ 3 juta ke Indonesia untuk penanganan virus corona
ILUSTRASI. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.

Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, pemerintah telah menerima bantuan dari Pemerintah Amerika Serikat sebesar 3 juta dollar AS untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Bantuan tersebut disalurkan Pemerintah AS melalui sejumlah lembaga antara lain Organisasi Kesehatan Dunia, IDDS, John Hopkins University, US AID, CDC. 

"Dukungan dalam bentuk lain yang diberikan antara lain laboratorium, risk communication surveilance, dan dalam bentuk penyediaan alat kesehatan antara lain APD dan reagen," ucap Retno usai mengikuti pertemuan para menteri luar negeri negara-negara ASEAN dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo, Kamis (23/4/2020). 

Baca Juga: Inggris bakal rilis obligasi besar-besaran untuk danai lonjakan pengeluaran Covid-19

Secara keseluruhan, ia menambahkan, Pemerintah AS telah memberikan bantuan sebesar 35,3 juta dollar AS kepada negara-negara ASEAN dalam penanggulangan Covid-19. Hingga 22 April 2020, tercatat 33.295 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di ASEAN. Dari jumlah itu 1.240 orang di antaranya yang telah dinyatakan meninggal dunia. 

Sementara di Indonesia, saat ini jumlah kasus terkonfirmasi positif mencapai 7.418 orang, dimana kasus yang meninggal dunia mencapai 635 orang. Itu artinya, lebih dari 50 persen kasus meninggal dunia akibat Covid-19 di ASEAN berada di Indonesia. 

Baca Juga: Ternyata, virus corona sudah masuk ke AS sejak Januari 2020

Dalam kesempatan tersebut, Retno menambahkan, Menlu Mike Pompeo berharap agar kerjasama AS dan ASEAN dapat ditingkatkan. Tak hanya dalam penanggulangan Covid-19, tetapi juga pemulihan kondisi ekonomi pasca pandemi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Terima 3 Juta Dollar Bantuan Penanganan Covid-19 dari Pemerintah AS"

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×