kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45882,93   -5,57   -0.63%
  • EMAS933.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Pemerintah akan buat kebijakan biaya PCR test dan vaksinasi bagi pekerja migran


Senin, 03 Mei 2021 / 20:31 WIB
Pemerintah akan buat kebijakan biaya PCR test dan vaksinasi bagi pekerja migran
ILUSTRASI. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan pemerintah akan membuat kebijakan terkait biaya PCR Test dan vaksinasi bagi  Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI). Hal ini supaya PCR test dan vaksinasi tidak menjadi beban bagi CPMI.

“Saya concern ke tenaga kerja, jangan membebani mereka. Jangan pula biaya PCR test maupun vaksinasi jadi area permainan,” ujar Moeldoko dalam keterangan tertulis, Senin (3/5).

Menurut Moeldoko, pekerja migran sudah seharusnya mendapatkan perhatian dan perlakuan istimewa dari negara mengingat peran mereka terhadap pergerakan roda ekonomi bangsa sangat besar dan signifikan.

Baca Juga: Tes PCR tak dapat mendeteksi varian virus corona mutan, banyak gejala baru

Menurutnya, negara memperoleh cadangan devisa hingga Rp 159,6 triliun pada 2020. Ini mengindikasikan masa depan bangsa salah satunya berada pada diaspora tenaga kerja Indonesia di luar negeri.

Tidak hanya itu, Moeldoko juga mengatakan, Negara tidak hanya melihat PMI sebagai penggerak sumbu ekonomi, namun juga sebagai etalase bangsa yang menjadi wajah dan merepresentasikan Indonesia di dunia internasional.

“Oleh karena itu, sudah sewajarnya pemerintah menaruh perhatian sangat besar kepada PMI, dan memberikan red carpet bagi mereka,” ujar Moeldoko.

Pada pertengahan tahun 2020, Pemerintah secara resmi membuka kembali penempatan PMI dalam masa adaptasi kebiasaan baru (new normal).

Hal ini mendukung percepatan pemulihan nasional serta memperhatikan kebijakan beberapa negara penempatan yang sudah membuka tenaga kerja asing.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×