kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.383.000 0,36%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Pemecatan Ketua KPU Tak Berdampak pada Hasil Pemilu


Rabu, 03 Juli 2024 / 20:01 WIB
Pemecatan Ketua KPU Tak Berdampak pada Hasil Pemilu
Ketua KPU Hasyim Asy’ari (tengah) didampingi Komisioner KPU Idham Holik (depan, kanan) dan Mohammad Afifuddin (depan, kiri) memberikan keterangan pers terkait putusan DKPP yang menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap di Gedung KPU, Jakarta (3/7/2024).


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari karena terbukti melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu (KEPP). Namun tidak akan berpengaruh pada hasil pemilu.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengatakan, keputusan DKPP hanya berdampak pada reputasi KPU dan hasil Pemilu yang telah berlangsung. Meskipun putusan DKPP terkait skandal asusila, tetapi bisa menunjukkan betapa buruknya integritas Hasyim, dan mempengaruhi profesionalismenya sebagai penyelenggara pemilu.

Baca Juga: Ketua KPU Hasyim Asy'ari Dipecat Karena Perbuatan Asusila

"Pilkada akan tetap berlangsung tanpa gangguan, terlebih akan lebih banyak kegiatan kepemiluan berada di KPUD, sehingga keputusan DKPP tidak berdampak pada aktifitas," ujar Dedi saat dihubungi Kontan, Rabu (3/7).

Menurutnya pilkada tidak bergantung pada Hasyim karena keputusan KPU bersifat kolektif. Terkecuali jika yang diberhentikan seluruh komisioner.

Seperti diketahui, dalam sidang pembacaan putusan DKPP diputuskan bahwa Hasyim  terbukti melakukan tindakan asusila terhadap seorang perempuan anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda. Seluruh dalil aduan yang disampaikan pengadu atau korban dikabulkan seluruhnya.

Selanjutnya: Sempat Diretas, KAI Commuter Pastikan Database Pengguna Aman

Menarik Dibaca: Rekomendasi iPhone untuk Bermain Game dengan Performa Terbaik, Simak Daftarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×