kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nasi goreng dan soto lamongan jadi pelajaran di AS


Kamis, 22 Mei 2014 / 14:18 WIB
Nasi goreng dan soto lamongan jadi pelajaran di AS
ILUSTRASI. Tren warna rambut 2023 cenderung lebih terlihat dingin, elegan, sekaligus membuat wajah nampak segar dilihat. (dok/You Probably need a haircut)


Reporter: Petrus Dabu | Editor: Edy Can

WASHINGTON. Universitas Stratford tertarik mengajarkan kuliner Indonesia. Universitas yang berada di negara bagian Virginia, Amerika Serikat, ini tertarik setelah bekerjasama dengan pemerintah dalam mempromosikan kuliner Indonesia di kampus tersebut.

Pada 19 Mei lalu, Kedutaan Besar Indonesia di Amerika Serikat bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempromosikan kuliner Indonesia kepada mahasiswa dan pengajar Universitas Stratford. Promosi ini digelar bersama 30 ikon kuliner Indonesia. Salah satunya William Wongso.

"Kami siap bekerjasama dalam mengembangkan program  kuliner di universitas kami dengan pengajaran masakan Indonesia," kata Wakil Direktur Jurusan Kuliner Universitas Stratford Jordan Lichman dalam siaran pers yang diterima KONTAN, Kamis (22/5).

Universitas Stratford mempunyai jurusan kuliner dengan fasilitas dapur yang modern. Rencananya, universitas yang berdiri sejak 1976 ini akan menawarkan program pilihan Indonesia Cuisine and Culture kepada para mahasiswanya. Program itu tidak hanya mempelajari cara memasak menu Indonesia tetapi juga sejarah, geografi dan budaya, teknik dan bahan masakan dari berbagai daerah yang mendasari masakan Indonesia.

Bukan hanya itu. Universitas Stratford akan memasukkan salah satu kuliner tanah air sebagai program wajib untuk mata kuliah tertentu. Misalnya dalam mata kuliah Introduction to Cooking. Nantinya, dalam program ini  menu Nasi Goreng Indonesia sebagai salah satu pilihan teknik memasak dan menghidangkan nasi.

Atau bisa juga bagian dari program Soup, Stocks and Souces. Dalam program ini,  soto ayam Lamongan menjadi salah satu menu pilihan.

Untuk tahap awal, disepakati program pelatihan jangka pendek bagi mahasiswa atau pengajar dalam program training for trainer, dan secara bertahap akan diperluas cakupan pelajarannya.

Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Budi Bowoleksono menyambut baik kerjasama ini. Menurutnya, upaya pengenalan langsung ke lembaga pendidikan khusus kuliner seperti Universitas Stratford bukan saja menjadikan ragam kuliner Indonesia semakin dikenal dan digemari di luar negeri melainkan juga akan semakin dipelajari sebagai bagian dari pengetahuan yang dapat dikembangkan menjadi gaya hidup di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×