kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menkeu AS dan Bos The Fed Lahap Menyantap Masakan Nusantara


Sabtu, 15 Oktober 2022 / 22:14 WIB
Menkeu AS dan Bos The Fed Lahap Menyantap Masakan Nusantara
ILUSTRASI. Indonesia memegang Presidensi forum kerja sama 20 negara ekonomi utama dunia, atau forum G20 pada tahun 2022. ANTARA FOTO/POOL/Nyoman Budhiana/hp.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia memegang Presidensi forum kerja sama 20 negara ekonomi utama dunia, atau forum G20 pada tahun 2022. Tak hanya memimpin jalannya diskusi berbagai topik dalam forum tersebut, Indonesia juga menjamu pentolan negara G20 di tengah-tengah pertemuan. 

Seperti contohnya dalam pertemuan keempat para menteri keuangan dan gubernur bank sentral atau Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (FMCBG) di Washington DC, Indonesia menghidangkan berbagai menu nusantara. 

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut, jamuan ini disambut hangat oleh para delegasi. Bahkan, Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen serta Ketua Bank Sentral AS The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell nampak menikmati hidangan yang disediakan. 

Baca Juga: Mengukir Sejarah, Presidensi G20 Indonesia Sukses Kumpulkan Dana FIF US$ 1,4 Miliar

“Semua delegasi menikmati. Janet Yellen saja, makannya enak banget! Jerome Powell, lahap!” ujar Perry dalam video yang diunggah dalam laman Instagram BI, @bank_indonesia, Jumat (14/10). 

Perry membocorkan beberapa makanan nusantara yang disuguhkan di negara Uwak Sam tersebut. Untuk makanan ringan, contohnya ada siomay, dumpling, juga asinan. Sedangkan untuk makanan utama, di antaranya, nasi uduk dengan lauk ayam bakar, tempe bacem, hingga pepes jamur. 

Memang, dalam video tersebut nampak Janet Yellen, Jerome Powell, serta para delegasi menikmati hidangan Indonesia yang disajikan. Perry juga nampak senang dengan antusiasme para pentolan otoritas fiskal dan moneter negara-negara G20, dalam melahap hidangan. 

FMCBG keempat diselenggarakan pada 12 Oktober 2022 hingga 13 Oktober 2022, bersamaan dengan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Grup Bank Dunia (World Bank Group) 2022 di Washington DC, AS. 

FMCBG G20 pada Oktober ini dihadiri secara langsung oleh sejumlah pimpinan yang tercatat sejak pandemi, di mana 66 pimpinan hadir secara langsung, dan hanya 4 orang yang hadir secara virtual. Secara keseluruhan, pertemuan tersebut dihadiri oleh 371 delegasi, di mana 304 orang hadir secara langsung dan 67 orang hadir secara virtual. 

Baca Juga: Bos BI Ungkap Jurus Menkeu & Gubernur Bank Sentral G20 Menghadapi Penguatan Dolar

Selain itu, Presidensi G20 Indonesia kembali mengundang Menteri Keuangan Ukraina pada pertemuan ini, menandakannya sebagai undangan ke-3 yang dilaksanakan selama masa presidensi. 

Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 (FMCBG) membahas enam agenda, yaitu: ekonomi global, arsitektur keuangan internasional, peraturan sektor keuangan, investasi infrastruktur; keuangan berkelanjutan, dan perpajakan berkelanjutan. Dalam pertemuan keempat ini, Menteri Sri Mulyani Indrawati, dan Gubernur BI Perry Warjiyo yang memimpin sidang bersama-sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×