kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,51   -6,42   -0.63%
  • EMAS992.000 0,51%
  • RD.SAHAM -0.57%
  • RD.CAMPURAN -0.12%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Menaker sebut pusat pasar kerja dapat jadi solusi masalah ketenagakerjaan


Rabu, 08 Desember 2021 / 15:05 WIB
Menaker sebut pusat pasar kerja dapat jadi solusi masalah ketenagakerjaan
ILUSTRASI. Pencari kerja menyiapkan berkas lamaran pada acara 'Jakarta Job Fair' di Ratu Plaza, Jakarta, Senin (6/12/2021).


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, membuka secara langsung Rapat Kerja Internal Pusat Pasar Kerja di Jakarta, Rabu (8/12). Pada Raker Internal ini juga dilakukan Penandatanganan Komitmen Bersama (PKB) seluruh unit Eselon I di Kemenaker terhadap Pusat Pasar Kerja.

Komitmen Bersama ini dilakukan untuk menciptakan sistem informasi pasar kerja yang tepat guna, tepat sasaran dan inklusif. Menaker Ida mengatakan, Pusat Pasar Kerja didirikan sebagai jawaban dari permasalahan link and match dan ekosistem digital ketenagakerjaan yang merupakan keharusan dalam menghadapi era revolusi digital 4.0.

"Pusat Pasar Kerja harus mampu mengintegrasikan proses pelatihan, sertifikasi dan penempatan, penyediaan informasi pasar kerja serta memberikan layanan kepada pencari kerja dan pemberi kerja dan start up (perusahaan rintisan) yang tumbuh di era digital saat ini," kata Ida dalam siaran pers, Rabu (8/12).

Baca Juga: Cara mudah klaim BPJS Ketenagakerjaan, tak perlu pakai calo

Ida menambahkan, adanya layanan job matching Pusat Pasar Kerja dapat menjadi jawaban segala permasalahan para pekerja yang bekerja tidak sesuai dengan tingkat pendidikannya serta ketidakcocokan latar belakang pendidikan dengan jenis pekerjaannya.

Ke depannya, Menaker Ida menginginkan Pusat Pasar Kerja dapat menjadi hub sekaligus etalase terdepan Kementerian Ketenagakerjaan dalam mengatasi segala permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia.

"Saya ingin Pusat Pasar Kerja mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan maksimal mengatasi permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia," ucap Ida.

Menaker Ida mengharapkan melalui kolaborasi dari semua unit Eselon I di Kemenaker, Pusat Pasar Kerja bisa berperan dalam mendukung 9 Lompatan Kemenaker. Dukungan yang diberikan ini tidak hanya bersifat seremonial tetapi dapat diimplementasikan secara nyata dalam bentuk program bersama.

Baca Juga: Sertifikat belum muncul di dashboard Prakerja? Ini solusi dari Kemnaker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMODP)

[X]
×