kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masih ada tiga pasokan komoditi impor yang masih belum aman


Senin, 27 April 2020 / 10:05 WIB
Masih ada tiga pasokan komoditi impor yang masih belum aman


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Awal bulan puasa, harga sejumlah bahan pangan masih terpantau tinggi. Data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) Jumat (24/4), harga gula pasir lokal masih Rp 18.500 per kg, harga bawang merah Rp 44.750 per kg dan harga bawang putih Rp 40.500 per kg.

Menurut Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri, harga ketiga komoditi itu tergolong tinggi di pasar tradisional. "Untuk bawang putih, walau sudah turun tetapi relatif lebih tinggi dibandingkan normalnya sekitar Rp 26.000 per kg," ujar Abdullah kepada KONTAN, Minggu (26.4).

Baca Juga: Ini strategi Kemendag untuk jaga stabilitas harga pangan saat Ramadan

Sementara, harga gula juga masih tinggi  yang berkisar Rp 18.000 - Rp 19.000 per kg lantaran pasokan yang tidak banyak di pasar. Karena itu, dia berharap pemerintah segera menggelontorkan gula ke pasar sehingga harga gula bisa segera ditekan.

Baca Juga: Kementan pastikan pasokan 11 bahan pangan aman hingga akhir Mei 2020

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Suhanto menyatakan pihaknya telah berupaya untuk menstabilkan harga dan memastikan ketersediaan pangan saat puasa. Salah satunya melakukan pemantauan stok dan harga barang pokok di seluruh Indonesia secara harian termasuk berkomunikasi dengan instansi terkait untuk memastikan ketersediaan pangan.

Baca Juga: Kemendag jamin pasokan beras cukup hingga Lebaran 2020

Ia juga meminta Dinas Perdagangan lewat Satgas Pangan memantau distribusi komoditas di tingkat eceran hingga distributor di wilayah masing-masing. "Ini untuk memastikan tidak ada pelaku usaha yang mengambil keuntungan," katanya, Minggu  (26/4).

Kementerian Pertanian (Kementan) juga memastikan kebutuhan 11 bahan pangan pokok seperti beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging, telur dan daging ayam ras, gula, hingga minyak goreng tetap terjaga. 

"Dari neraca pangan nasional yang kita pegang, semua dalam kondisi aman dan terkendali," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam paparan digital  (26/4).

Meski begitu, ada 3 bahan pangan yang menurut Syamsul tengah menjadi perhatian saat ini. Bahan pokok tersebut adalah bawang putih, gula hingga daging sapi yang dipenuhi lewat impor. Sedangkan untuk pasokan beras, seperti aman hingga menjelang 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×