kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,46   -11,06   -1.18%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPU jadwalkan penetapan kursi parpol dan caleg terpilih 31 Agustus 2019


Rabu, 28 Agustus 2019 / 14:57 WIB
KPU jadwalkan penetapan kursi parpol dan caleg terpilih 31 Agustus 2019
ILUSTRASI. KPU jadwalkan penetapan kursi parpol dan caleg terpilih 31 Agustus 2019


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi Pemilihan Umum ( KPU) akan menetapkan perolehan kursi partai politik dan calon legislatif terpilih DPR RI, Sabtu (31/8). Penetapan digelar setelah KPU selesai menindaklanjuti seluruh putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa hasil pemilu legislatif.

"Tanggal 31 Agustus kita merencanakan penetapan hasil secara nasional pasca tindak lanjut putusan MK," kata Arief saat ditemui di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (28/8).

Baca Juga: Genap berusia 16 tahun, MK rilis 25 buku

Penetapan caleg terpilih didahului dengan penetapan perolehan kursi. Caleg yang nantinya ditetapkan adalah mereka yang mendapat suara terbanyak dalam suatu daerah pemilihan.

Arief mengatakan, caleg yang akan ditetapkan tidak harus hadir dalam penetapan. Meski begitu, KPU mengundang partai politik peserta pemilu. "Peserta pemilu kita undang, mereka boleh hadir boleh enggak, tidak wajib," ujar Arief.

"Tentu kami mengharapkan mereka semua hadir karena ini kan momentum bersejarah, momentum penting dalam tahapan pemilu. mudah-mudahan semua yang kita undang bisa hadir," katanya.

Baca Juga: Temui Jokowi, Bawaslu minta pemerintah pertegas larangan napi koruptor ikut Pilkada

Sebelumnya, KPU telah menindaklanjuti seluruh putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan 12 dari 260 gugatan hasil pemilu legislatif.

Dari 12 perkara yang dikabulkan itu, Mahkamah memerintahkan KPU melakukan penghitungan suara ulang di Kota Surabaya, Kabuoaten Trenggalek, Aceh, Sumatra Utara, dan Pegunungan Arfak. KPU juga diperintahkan melakukan pemungutan suara ulang di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPU Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih pada 31 Agustus ", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×