kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsumsi Meningkat, Pemerintah Belum Berniat Sesuaikan Harga Pertalite


Kamis, 09 Juni 2022 / 06:25 WIB
Konsumsi Meningkat, Pemerintah Belum Berniat Sesuaikan Harga Pertalite
ILUSTRASI. Pemerintah belum berniat kerek harga Pertalite


Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan, belum berniat melakukan menyesuaikan harga jual Pertalite. Padahal, saat ini konsumsi Pertalite melonjak akibat disparitas harga antara Pertamax dan Pertalite yang cukup lebar.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji menjelaskan, untuk saat ini pemerintah belum berniat menyesuaikan harga jual Pertalite meskipun harga keekonomian terus merangkak naik.

"Kami belum sampai di situ (penyesuaian harga) karena sekarang kita melihat kondisinya dulu, saat ini kami perlu berempati ke masyarakat," tegas Tutuka ditemui di Gedung DPR RI, Rabu (8/6).

Baca Juga: Aturan Pembelian Pertalite Tunggu Restu Jokowi

Tutuk melanjutkan, untuk saat ini pihaknya masih menanti rampungnya revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014. Revisi ini diharapkan dapat segera rampung demi menjaga tingkat penyaluran Pertalite.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengungkapkan, realisasi penyaluran atau konsumsi ini menembus 50% dari kuota awal.

"Pertalite tersalurkan 11,69 juta kl atau 50,74% dari kuota 23,04 juta kl," kata Erika dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII, Rabu (8/6).

Asal tahu saja, untuk tahun ini pemerintah memastikan penambahan kuota BBM bersubsidi termasuk Pertalite. Kuota Pertalite ditambah sebesar 5,45 juta kl menjadi 28,50 juta kl. Disparitas harga Pertalite dengan Pertamax sejauh ini memang menjadi salah satu penyebab lonjakan konsumsi BBM RON 90 tersebut.

Harga jual Pertamax ada di kisaran Rp 12.500 per liter, sementara harga jual Pertalite sebesar Rp 7.650 per liter. Adapun, merujuk catatan Pertamina penjualan Pertalite hingga Mei 2022 masih mendominasi keseluruhan penjualan gasoline.

Baca Juga: Pengamat: Harga Pertamax Series Masih di Bawah Harga Keekonomian

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Pertamina Commercial & Trading Irto Ginting mengungkapkan, penjualan Pertalite untuk periode Januari hingga Mei 2022 mencapai 80%.

"Untuk akumulasi gasoline Juni-Mei, Pertamax dan Pertamax Turbo masih sekitar 20%, sementara Pertalite masih mendominasi di 80%," kata Irto kepada Kontan, Minggu (5/6).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×