kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Komitmen Temu Bisnis Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 Capai Rp 282,2 Miliar


Senin, 30 Mei 2022 / 19:39 WIB
Komitmen Temu Bisnis Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 Capai Rp 282,2 Miliar
ILUSTRASI. Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2022 mencapai komitmen temu bisnis (business matching) sebesar Rp 282,2 miliar.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2022 mencapai komitmen temu bisnis (business matching) sebesar Rp 282,2 miliar. Komitmen ini meningkat 36% dari capaian pada tahun 2021.

Pada saat yang sama, perhelatan selama 4 hari alias dari 26 Mei 2022 hingga 29 Mei 2022 tersebut meraup omzet sebesar Rp 28,2 miliar, yang terdiri dari omzet penjualan luring sebesar Rp 9,15 miliar dan daring sebesar Rp 19,05 miliar.

Deputi Gubernur BI Doni P. Joewono mengungkapkan, para usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berpartisipasi dalam KKI ini memang mendapat peluang baik dalam memperoleh pasar di tengah progres pemulihan ekonomi Indonesia.

“Diharapkan, KKI ini kemudian memberi motivasi kepada para pelaku UMKM untuk terus menuju go digital dan go global, sehingga bisa makin meningkatkan kreativitas, inovasi, dan semangat untuk terus tumbuh menjadi yang terbaik,” tutur Doni dalam penutupan KKI 2022, Senin (30/5).

Baca Juga: BI Pamerkan 200 UMKM di Karya Kreatif Indonesia 2022

Doni juga mengapresiasi para Kementerian dan Lembaga (K/L) yang terlibat dalam perhelatan KKI secara luring maupun daring. Adapun, selama empat hari penyelenggaraan, KKI 2022 ini diramaikan oleh 85.960 pengunjung/viewers yang terdiri dari pengunjung website sebanyak 36.367, pengunjung fisik sebanyak 6.975 pengunjung, dan peserta webinar sejak 18 Mei sebanyak 42.618 peserta.

UMKM pada puncak perhelatan KKI kali ini mencetak berbagai kebaruan dalam selebrasi UMKM. Bukan hanya nilai kesepakatan temu bisnis dan penjualan namun juga konsep baru seperti sustainable living, digitalisasi antara lain melalui digital fitting room, serta konsep cerdas berdaya dengan pencapaian tertinggi atas literasi perlindungan konsumen.

Dalam pelaksanaan Business Matching yang digelar pada KKI 2022, diikuti oleh 174 UMKM binaan BI dan K/L, 4 bank umum, 8 bank pembangunan daerah, dan 2 lembaga keuangan non-bank untuk temu bisnis pembiayaan. Lalu, 109 UMKM binaan BI dan K/L, 3 aggregator ekspor e-commerce, serta 14 pembeli potensial dari 8 negara untuk temu bisnis ekspor.

KKI 2022 diwarnai oleh berbagai kegiatan seperti business matching, talk show, webinar digitalisasi dan ekspor UMKM, showcase produk UMKM secara offline maupun virtual, yang diikuti oleh UMKM binaan 46 Kantor Wilayah BI maupun K/L, serta Pemerintah Daerah dari seluruh penjuru Indonesia.

Baca Juga: Sandiaga Uno: UMKM Harus Masuk Ekosistem Digital agar Berkembang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×