kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.016,36   10,57   1.05%
  • EMAS980.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Sandiaga Uno: UMKM Harus Masuk Ekosistem Digital agar Berkembang


Jumat, 27 Mei 2022 / 16:17 WIB
Sandiaga Uno: UMKM Harus Masuk Ekosistem Digital agar Berkembang
ILUSTRASI. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bilang, UMKM harus masuk ekosistem digital agar makin berkembang.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indoensia (BI) menggelar acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022. KKI 2022 bertemakan UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap, dengan adanya program KKI ini, ekspor produk-produk Indonesia khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa terus meningkat.

“Tentunya kita harapkan ekspor produk-produk Indonesia yang kemarin bisa menembus US$ 21 miliar ini akan harus terus meningkat melalui program-program etalase KKI,” tuturnya kepada awak media, Jumat (27/5).

Dengan adanya peningkatan ekspor tersebut, lanjutnya, maka para pelaku UMKM bisa menembus pasar global, dan bisa menjadi penopang kebangkitan ekono mi tanah air. Sandiaga menuturkan, dalam situasi ketidakpastian ekonomi global ini, dengan memperkuat digitalisasi maka UMKM bisa terus berjalan.

Baca Juga: Gubernur BI Paparkan 3 Kunci Utama Dorong UMKM Dalam Negeri

“Dengan digitalisasi kita, UMKM yang terus terkurasi  saya yakin akan terus terbuka peluang. Saya optimistis akan terjadi suatu transformasi, sehingga teman-teman di UMKM ini bisa naik kelas, berdaya saing, sehingga bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Sandiaga.

Sandiaga juga yakin, UMKM dapat bangkit tahun ini mengingat ekonomi sudah mulai pulih. Dia mencatat, sejauh ini sudah ada 17 juta UMKM yang terdigitalisasi, dan tahun depan sebanyak 30 juta UMKM ditargetkan dalam ekosistem ekonomi digital.

Baca Juga: BI Pamerkan 200 UMKM di Karya Kreatif Indonesia 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×