kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KLHK usul DAK bidang lingkungan hidup dan kehutanan ditingkatkan pada tahun 2022


Rabu, 23 Juni 2021 / 20:31 WIB
KLHK usul DAK bidang lingkungan hidup dan kehutanan ditingkatkan pada tahun 2022
ILUSTRASI. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya (kanan) mengikuti rapat kerja dengan Komisi VII DPR


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengusulkan, dana transfer daerah bidang lingkungan hidup dan kehutanan ditingkatkan pada tahun 2022.

Menteri Siti mengatakan, usulan itu telah disampaikan kepada Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas dan Menteri Dalam Negeri pada tanggal 10 Juni 2021 lalu.

Usulan penambahan tersebut melalui tiga mekanisme yakni Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik penugasan bidang LHK, DAK non fisik bidang LHK dan dana insentif daerah (DID) kategori kinerja pengelolaan LHK.

Baca Juga: Ada anggaran food estate di KLHK Rp 1,1 triliun, anggota DPR ini menolak

Siti mengatakan, proporsi alokasi DAK fisik bidang lingkungan hidup rata-rata hanya 0,34 persen dari total DAK fisik. Pagu alokasi ini juga terbilang berkurang dalam tiga tahun terakhir.

Misalnya pada tahun 2019 usulan DAK fisik bidang lingkungan hidup sebesar Rp 1,85 triliun namun pagu alokasi Rp 226 miliar.

Tahun 2020 usulan DAK fisik bidang lingkungan hidup sebesar Rp 501 miliar namun pagu alokasi Rp 490 miliar. Serta tahun 2021 usulan anggaran mencapai Rp 473 miliar, namun pagu alokasi mencapai Rp 350 miliar.

"Proporsi alokasi DAK fisik bidang kehutanan rata-rata 0,4 persen per tahun dari total DAK fisik," ujar Menteri Siti dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR, Rabu (23/6).

Siti menuturkan, arah kebijakan DAK fisik tahun 2022 adalah melanjutkan penguatan fokus kegiatan DAK yang berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi sebagai respon dampak pandemi Covid-19 dan mendukung pemulihan pelaku UMKM.

Kemudian, pemerataan layanan dan penyediaan infrastruktur dasar di daerah dan mempercepat pencapaian target prioritas nasional seperti pariwisata, food estate dan konektivitas kawasan.

Ia mengatakan, sasaran dan target DAK kehutanan di antaranya untuk penurunan luas lahan kritis, peningkatan produksi pangan alternatif dari kawasan hutan dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat sekitar hutan.

"Penugasan tematiknya meningkatnya cadangan pangan nasional," ucap Siti.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×