kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.499.000   -40.000   -2,60%
  • USD/IDR 15.950   0,00   0,00%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Kementerian Perhubungan evaluasi setiap pesawat MA-60


Kamis, 12 Mei 2011 / 09:47 WIB
Kementerian Perhubungan evaluasi setiap pesawat MA-60
ILUSTRASI. Kanker perut bisa disebabkan karena layar biru dari HP. Sumber foto : applll.com


Reporter: Dani Prasetya | Editor: Edy Can

JAKARTA. Kementerian Perhubungan akan mengevaluasi seluruh pesawat jenis MA-60 milik PT Merpati Nusantara Airlines. Evaluasi teknis ini dilakukan setelah kasus kecelakaan yang terjadi di perairan Kaimana, Papua Barat, Sabtu (7/5) lalu.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Herry Bhakti mengatakan, pihaknya akan mengecek satu persatu pesawat buatan Xian Aircraft Company tersebut. "Ada tim pengawas kami yang akan mendatangi setiap pesawat," ucapnya di sela-sela rapat dengan Komisi XI DPR, Kamis (12/5) dini hari.

Herry memastikan, evaluasi ini tidak akan mengganggu operasional penerbangan Merpati. Ini artinya, pengecekan itu dilakukan tanpa penghentian operasi alias grounded.

Hingga saat ini, Kementerian Perhubungan menemukan bukti atau alasan yang cukup kuat untuk menghentikan pengoperasian pesawat buatan perusahaan asal China itu. "Kalau asal grounded itu menurunkan kredibilitas otoritas penerbangan dalam menerbitkan sebuah keputusan," tambah Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan.

Dia mengutarakan, penghentian operasi pesawat hanya bisa dilakukan setelah Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyelesaikan investigasi atas kecelakaan tersebut. "Jadi keputusan apa pun harus menunggu hasil investigasi KNKT dulu," tegasnya.

Hal ini diamini Direktur Utama Merpati Sardjono Djony. Dia bilang, tidak ada sistem grounded tanpa mengetahui faktor penyebab yang jelas. "Kami juga menunggu hasil FDR (flight data recorder) dan CDR (cockpit data recorder) untuk tahu kejelasannya," tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×