kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45943,04   1,90   0.20%
  • EMAS1.042.000 1,26%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Kawasan industri minta dilibatkan menyusun roadmap hidup berdampingan dengan corona


Kamis, 12 Agustus 2021 / 20:32 WIB
Kawasan industri minta dilibatkan menyusun roadmap hidup berdampingan dengan corona
ILUSTRASI. Kawasan industri minta dilibatkan menyusun roadmap hidup berdampingan dengan corona


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Wakil Ketua Umum Bidang Agraria, Tata Ruang dan Kawasan, Kadin Indonesia, Sanny Iskandar meminta pengelola kawasan industri harus dilibatkan untuk menyusun roadmap hidup berdampingan dengan corona. Hal ini penting untuk mendapat masukan dari pihak terkait.

“Tentunya sebelumnya harusnya diajak komunikasi terlebih dahulu sebelum mengeluarkan aturan atau kebijakan apapun ya karena kita yang paham mengenai situasi di dalam kawasan untuk bisnis yang ada,” ujar Sanny saat dihubungi, Kamis (12/8).

Sanny menuturkan, pembentukan roadmap hidup berdampingan dengan corona harus dilihat secara komprehensif. Sebab, antara satu industri dengan industri lain saling terkait. Mulai dari sektor hulu hingga sektor hilir.

“Kegiatan usaha itu kan nggak bisa dihitung dengan masing-masing berdiri sendiri. Intinya industri yang memahami, proses bisnis di masing-masing industri yang nggak bisa dipukul rata seperti itu,” ujar dia.

Baca Juga: Akan ada roadmap hidup berdampingan dengan Covid-19, ini kata pelaku perdagangan

Kemudian, pemerintah bersama stakeholder terkait di kawasan industri harus terus melakukan pemantauan terhadap industri-industri yang ada. Baik yang terkait dengan testing, tracing dan treatment (3T). Serta percepatan upaya vaksinasi di kawasan industri.

“Sekarang memang berjalan ya, tapi memang ini sebetulnya dari awal ya harusnya lebih dilibatkan,” tutur Sanny.

Seperti diketahui, Pemerintah berniat melakukan pilot project yang mengatur secara digital penerapan protokol kesehatan enam aktivitas utama.

Asal tahu saja, enam aktivitas utama yang dimaksud adalah, pertama, perdagangan, seperti mall, department store, pasar dan toko kelontong.

Kedua, kantor dan kawasan industri. Ketiga, transportasi darat, laut dan udara. Keempat, pariwisata, hotel, restoran dan even. Kelima, acara-acara keagamaan. Keenam, pendidikan.

Selanjutnya: Akan ada roadmap hidup berdampingan dengan Covid-19, begini kata Organda

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×