kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini usulan ISEI untuk Indonesia dalam menghadapi new normal


Jumat, 29 Mei 2020 / 23:58 WIB
Ini usulan ISEI untuk Indonesia dalam menghadapi new normal
ILUSTRASI. Ketua Umum ISEI Perry Warjiyo


Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rencana pelaksanaan new normal kini terus digodok oleh pemerintah. Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) pun turut menyumbang usulan terkait pelaksanaan rencana tersebut.

"Karena di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi, ISEI dituntut untuk bisa meningkatkan kontribusinya dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional," ujar Ketua Umum ISEI Perry Warjiyo dalam acara halalbihalal Hari raya Idul Fitri 1441 H keluarga besar ISEI, Jumat (29/5).

Perry pun menjabarkan tiga usulan ISEI yang bisa dilakukan dalam menghadapi masa new normal. Pertama, dengan mengoptimalkan digitalisasi, khususnya bagi sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Menurutnya, penting untuk melahirkan new UMKM yang berbasis digital.

Kedua, membangun perekonomian dari daerah, termasuk menciptakan inovasi-inovasi di berbagai sektor ekonomi. Dan yang ketiga, membangun kekuatan ekonomi kreatif.

Dewan Penasihat ISEI Burhanuddin Abdullah dan Muliaman D. Hadad serta Dewan Pengawas ISEI Halim Alamsyah dan Wimboh Santoso juga angkat bicara.

Baca Juga: Hadapi new normal, ini curhat pengusaha hotel ke Satgas Covid-19 DPR

Mereka berharap, ISEI bisa lebih mengoptimalkan perannya dalam perekonomian Indonesia, yaitu dengan memikirkan rumusan kebijakan yang bisa membawa kesejahteraan.

Sumbangan pemikiran dirasa urgen di saat ini, terutama pemikiran untuk mengoptimalkan peran sektor-sektor tertentu, khususnya UMKM sebagai lokomotif perekonomian.

Selain itu, ISEI juga diharapkan bisa mengkaji kembali sistem ekonomi saat ini untuk menjawab tantangan masa depan, terutama pasca Covid-19.

Lebih lanjut, selama ini ISEI juga telah melakukan kontribusi dalam perekonomian Indonesia. Kontribusinya antara lain dengan menggali pemikiran strategis guna mendukung analisis dan perumusan kebijakan ekonomi.

ISEI juga membuka lebar gerbang diskusi lewat join public lecture, pelatihan akademis dan profesi, focus group discussion, serta penyelenggaraan berbagai webinar tentang dampak Covid-19 terhadap sosial, ekonomi, dan bagaimana penanganannya di berbagai daerah.

Dengan adanya koordinasi dan sinergi tersebut, Perry mengaku bangga dan mengapresiasi peran pengurus baik di pusat maupun daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×