kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,68   9,08   1.01%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hutama Karya Minta Suntikan Modal lewat PMN Rp 1 Triliun


Selasa, 02 Juli 2024 / 12:02 WIB
Hutama Karya Minta Suntikan Modal lewat PMN Rp 1 Triliun
ILUSTRASI. PT Hutama Karya meminta suntikan penyertaan modal negara (PMN) tunai tahun 2024 sebesar Rp 1 triliun.


Reporter: Rashif Usman | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hutama Karya meminta suntikan penyertaan modal negara (PMN) tunai tahun 2024 sebesar Rp 1 triliun. Suntikan modal tersebut digunakan untuk menyelesaikan ruas jalan tol Palembang-Betung.

Direktur Utama PT Hutama Karya Budi Harto mengungkapkan PMN digunakan untuk memperbaiki struktur permodalan dan meningkatkan kapasitas perusahaan dalam rangka melanjutkan pelaksanaan penugasan percepatan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera.

"Kemudian PMN tersebut bakal digunakan untuk melanjutkan pengusahaan ruas Jalan Tol Palembang - Betung. Dan, injeksi PMN itu diperlukan untuk meningkatkan konektivitas backbone JTTS dari Bakauheni hingga Jambi," kata Budi saat rapat dengar pendapat bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, Selasa (2/7).

Baca Juga: Kemenkeu Minta Persetujuan DPR Soal PMN Non Tunai untuk 11 BUMN dan Bank Tanah

Ia mengatakan, PMN ini memberikan sederet manfaat seperti meningkatkan konektivitas di Pulau Sumatera sehingga mampu menurunkan waktu tempuh dan biaya transportasi, meningkatkan potensi penerimaan fiskal dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja di sepanjang koridor jalan tol.

Ia juga memaparkan, realisasi penyerapan PMN PT Hutama Karya mencapai 69,5% dari total PMN Rp 131, 146 miliar yang telah diterima sejak 2015 hingga Mei 2024.

"Sebagian besar PMN yang belum terserap ialah PMN pada Desember 2023 dan April 2024," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengajukan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 6,1 triliun yang bersumber dari Cadangan Pembiayaan Investasi kepada DPR RI.

Tak hanya Hutama Karya, pemerintah juga akan menggunakan cadangan pembiayaan investasi untuk PMN PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) sebesar Rp 500 miliar, dan Badan Bank Tanah sebesar Rp 1 triliun.

Selanjutnya: Suspensi Dicabut, Saham Wahana Inti Makmur (NASI) Turun 9,71%

Menarik Dibaca: Katalog Promo Hypermart Hyper Diskon Weekday Terbaru Periode 2-4 Juli 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×