kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hingga Pukul 09.00 WIB, BLT BBM Tersalurkan Kepada 12,7 Juta KPM


Jumat, 16 September 2022 / 13:03 WIB
Hingga Pukul 09.00 WIB, BLT BBM Tersalurkan Kepada 12,7 Juta KPM
ILUSTRASI. Warga penerima bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi BBM tahap pertama menunjukkan uang yang ia terima di Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (2/9/2022).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Per Jumat (16/9) pukul 09.00 WIB, penyaluran Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) sudah terealisasi kepada 12,7 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 482 kabupaten/kota di Indonesia melalui PT Pos Indonesia.

"Diharapkan minggu ini PT pos sudah melakukan pembayaran BLT BBM minimal 90% dari target KPM yaitu sebesar 18.585.000 KPM," kata Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam keterangan pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (16/9).

Risma mengatakan, saat ini Kementerian Sosial sudah menyerahkan seluruh data penerima BLT BBM ke PT Pos Indonesia.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Pekerja yang Tak Punya Rekening Tetap Bisa Dapat BSU Rp 600.000

Namun, dia mengakui ada beberapa daerah yang memang sulit untuk dijangkau dalam percepatan penyaluran bantuan sosial. Misalnya seperti daerah pegunungan di Papua dan Papua Barat.

"Itu kami akan melakukan sekaligus. Karena kemarin supaya mereka tetap bisa menerima kami tidak padankan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), hanya nama saja," kata Risma.

Untuk wilayah tersebut, Kementerian Sosial akan menggandeng Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri untuk menyalurkan BLT BBM sekaligus perekaman KTP elektronik.

"Bersama PT Pos akan menyiapkan pesawat khusus untuk kita ke sana dengan Dukcapil sekaligus perekaman KTP. Itu yang kami lakukan, harapan kami di bulan ini tuntas 100%," tuturnya.

Baca Juga: Capai 40%, Jokowi Minta Penyaluran BLT BBM di Seluruh Indonesia Dipercepat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembagian BLT BBM sudah mulai secara masif dilakukan di kantor-kantor pos sejak akhir Agustus yang lalu. Dalam beberapa kunjungan kerjanya di daerah, Jokowi secara khusus langsung meninjau pembagian BlT BBM ini.

"Selalu saya tinjau langsung pelaksanaannya, terutama kemarin di Kabupaten Jayapura kemudian di Saumlaki, Kepulauan Tanimbar dan juga di Kota Bandar Lampung. Kemarin juga saya lihat di provinsi Maluku, di kabupaten Maluku Tenggara di Kota Tual, di kepulauan Aru dan juga di Kabupaten Maluku Barat Daya," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, pembagian BLT BBM saat ini sudah berjalan dengan baik. Oleh sebab itu dia meminta agar percepatan pembagian terus dilakukan secara mudah, cepat, dan tepat sasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×