kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45952,80   9,76   1.04%
  • EMAS1.014.000 -1,46%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Hatta: Menteri ekonomi sudah bekerja baik


Jumat, 22 Oktober 2010 / 17:01 WIB
Hatta: Menteri ekonomi sudah bekerja baik
ILUSTRASI. Artis dan Presenter Prilly Latuconsina


Reporter: Martina Prianti | Editor: Edy Can

JAKARTA. Selama setahun bekerja, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menilai kinerja para menteri ekonomi sudah baik. Salah satu indikatornya adalah pertumbuhan ekonomi, ekspor dan investasi.

Dia mengatakan kondisi makro ekonomi sangat baik. "Bisa dikatakan pertumbuhan ekonomi kuat karena mesinnya cukup berimbang," kata Hatta, Jumat (22/10).

Dia mengakui, keberhasilan tim ekonomi pada tahun pertama ini utamanya pada sisi makro ekonomi. Ke depannya, dia berharap bisa membenahi sektor riil. "Kami masih harus kerja keras lagi untuk membenahi infrastruktur. Mudah-mudahan bisa lebih cepat lagi,” katanya.

Pendapat Hatta ini berbeda dengan pelaku pasar finansial sebelumnya. Pelaku pasar menilai tim ekonomi Kabinet Indonesia Bersatu II gagal dalam memadukan kebijakan fiskal, moneter, dan sektor riil. Itu sebabnya, perombakan (reshufle) anggota kabinet yang mengurus perekonomian dinilai masih perlu.

Di mata para pelaku pasar, tim ekonomi kabinet saat ini masih belum ideal karena beberapa pos diisi oleh politisi dengan pengetahuan ekonominya kurang mumpuni. Norico Gaman, Ekonom BNI Securities, menyoroti, pos di tingkat koordinator seharusnya diisi orang yang menguasai seluruh lingkup ekonomi sehingga bisa tanggap dan menyelaraskan kebijakan dengan seluruh menteri. "Pasar butuh tim ekonomi yang solid dan kredibel," tutur Norico kepada harian KONTAN, Rabu (20/10).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×