kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati! Klaster keluarga Covid-19 terus bermunculan


Rabu, 09 September 2020 / 14:12 WIB
Hati-hati! Klaster keluarga Covid-19 terus bermunculan


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belakangan, muncul klaster baru Covid-19, yakni klaster keluarga. Penularan virus corona (Covid-19) di dalam keluarga akan berdampak buruk bagi kelompok usia rentan. Demikian diungkapkan Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Erlang Samoedro dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (8/9/2020). 

"Di rumah itu kan ada anak-anak kecil dan orangtua yang berpotensi untuk sesuatu yang lebih buruk bisa terjadi," ujar Erlang. 
Erlang melanjutkan, klaster keluarga muncul lantaran ada salah satu anggota keluarga yang terpapar Covid-19 di luar rumah, lalu menularkan virus ke orang rumah. 

Situasi ini terjadi lantaran pemerintah membuka aktivitas ekonomi dan sosial di masyarakat. Terlebih, masyarakat belum sepenuhnya disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan semisal mengenakan masker dengan benar, mencuci tangan sesering mungkin dan menjaga jarak fisik satu sama lain. 

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengingatkan, virus corona (Covid-19) juga bisa menular di rumah yang dihuni sebuah keluarga. Untuk itu, ia meminta masyarakat tetap berhati-hati dan memperhatikan protokol kesehatan saat berada di rumah untuk mencegah meluasnya penularan lewat klaster keluarga. 

Baca Juga: Usai kampanye pakai masker, pemerintah akan kampanyekan jaga jarak mulai hari ini

"Karena di rumah kita sudah merasa aman. Justru di situlah yang kita harus hati-hati," kata Jokowi dalam rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/9/2020). 

Oleh karena itu, Presiden Jokowi juga meminta jajarannya tidak hanya fokus di tempat-tempat umum seperti yang selama ini sudah dilakukan. Ia juga meminta jajarannya mencari solusi untuk menekan penularan Covid-19 lewat klaster keluarga. 

Baca Juga: Klaster kantor dan keluarga jadi perhatian pemerintah dalam penanganan Covid-19

"Karena yang selalu kita kejar-kejar adalah tempat-tempat umum, tempat-tempat publik, tetapi kita lupa bahwa sekarang kita harus hati-hati di klaster-klaster yang tadi saya sampaikan, klaster keluarga," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspada! Klaster Keluarga Covid-19 Membahayakan Usia Rentan"
Penulis : Sania Mashabi
Editor : Fabian Januarius Kuwado

Selanjutnya: Jokowi meminta penularan Covid-19 di klaster kantor dan keluarga menjadi perhatian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×