kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Danareksa yakin ekonomi Indonesia mampu bertahan dari dampak virus corona, asal..


Selasa, 10 Maret 2020 / 18:44 WIB
Danareksa yakin ekonomi Indonesia mampu bertahan dari dampak virus corona, asal..


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Iklim investasi sempat bergejolak terkena dampak virus corona. Belum lagi anjloknya harga minyak dunia hingga 20% turut memperparah situasi. Pasar saham menjadi yang paling terkena imbas dari situasi tersebut.

Pada perdagangan Senin (9/3), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi 6,58% ke level 5.136,809 alias menjadi level terendah IHSG sejak Desember 2016. Namun hari ini, (10/3) IHSG terlihat mulai membaik dan berhasil menguat 1,64% ke level 5220.826

Danareksa Investment Management (DIM) melihat situasi tersebut bisa dicegah agar tidak semakin parah melalui upaya relaksasi dan pemberian stimulus yang dilakukan oleh pemerintah. Pasalnya, sebagian besar pertumbuhan ekonomi Indonesia masih ditopang oleh konsumsi domestik.

“Selama di Indonesia tidak panik, daya beli masyarakat dijaga, serta ada upaya relaksasi dari pemerintah terhadap korporasi, saya rasa dampak situasi saat ini terhadap Indonesia tidak akan separah terhadap dampak negara maju,” jelas Direktur Utama DIM Marsangap P Tamba kepada Kontan.co.id, Selasa (10/3).

Baca Juga: BREAKING NEWS: Bertambah 8, kini ada 27 orang terinfeksi corona di Indonesia

Salah satu upaya yang telah diambil Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah mempermudah proses pembelian kembali (buyback) saham tanpa perlu mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Marsangap menilai jika benar 12 BUMN mau melakukan buyback, maka IHSG berpotensi akan membaik. Apalagi besaran buyback mencapai Rp 8 triliun yang dinilai bisa menambah nilai transaksi harian.

Buyback bisa mengangkat kinerja IHSG karena tambahan eksternal (Rp 8 triliun) itu lumayan besar untuk menggerakkan pasar. Sebelum rush kemarin kan, nilai transaksi harian sempat sepi ke Rp 3 triliun. Jadi kalau ada dana tersebut ya lumayan," tutur Marsangap.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×