kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Danareksa Research: Optimisme konsumen menurun pada Januari 2020


Minggu, 02 Februari 2020 / 18:11 WIB
Danareksa Research: Optimisme konsumen menurun pada Januari 2020
ILUSTRASI. Riset Danareksa Research Institute (DRI) menunjukkan optimisme konsumen pada Januari 2020 menurun. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc. *** Local Caption ***

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil riset Danareksa Research Institute (DRI) menunjukkan optimisme konsumen pada Januari 2020 menurun. Hal ini ditunjukkan oleh Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada awal tahun tersebut yang sebesar 102,5 atau terkontraksi 2,5% dari hasil survei bulan sebelumnya yang sebesar 104,9.

“Penurunan ini disebabkan oleh penurunan dua komponennya, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) dan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK),” tulis DRI dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Ekonom Bank Mandiri memprediksi inflasi bulan Januari 2020 sebesar 0,39%

Terperinci, IKE saat ini tercatat sebesar 85,6 atau menurun 4,5% dari survei sebelumnya. Sementara Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) tercatat sebesar 115,2 atau meningkat 1,1% dari bulan sebelumnya.

Selain itu, penilaian konsumen terhadap kondisi ekonomi domestik juga menurun. Hal ini terlihat dari survei yang menunjukkan bahwa proporsi konsumen yang yakin bahwa kondisi ekonomi saat ini dalam kondisi baik menurun dari 21,8% menjadi 20,8% sementara sebanyak 49,9% konsumen melihat bahwa kondisi ekonomi saat ini masih stabil.

Ini sejalan dengan kekhawatiran para konsumen akan kenaikan harga dan ketersediaan lapangan pekerjaan. Sebanyak 62,70% konsumen merasa khawatir dengan peningkatan harga makanan. Sementara sebanyak 37,12% khawatir akan langkanya lapangan pekerjaan.

Baca Juga: Ini proyeksi ekonom terhadap inflasi bulan Januari




TERBARU

Close [X]
×