kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chatib Basri sarankan pemerintah fokus pada 4 sektor ini untuk tangani covid-19


Selasa, 14 April 2020 / 10:38 WIB
Chatib Basri sarankan pemerintah fokus pada 4 sektor ini untuk tangani covid-19
ILUSTRASI. Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Eks Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri mengatakan, untuk menanggulangi dampak dari wabah pandemi Corona (Covid-19) pemerintah harus fokus pada empat sektor, yaitu kesehatan, perlindungan sosial, dukungan kepada dunia usaha, dan fokus pada sektor urban.

Pada sektor kesehatan, Chatib menilai pengendalian wabah penyakit ini harus menjadi prioritas utama. Pemerintah harus bisa memastikan bahwa virus Corona dapat terkendali.

Baca Juga: Chatib Basri sarankan pemerintah memberikan jaminan kredit ekspor

"Artinya pemerintah harus menyediakan alat rapid test, test kit, ventilator, paramedis, rumah sakit dan sebagainya. Fokus pada hal tersebut untuk mengendalikan wabah ini," ujar Chatib di dalam agenda diskusi daring, Senin (13/4).

Menurut Chatib, apabila wabah ini tidak bisa dikendalikan dan membuat masyarakat sakit, mereka tidak akan bisa bekerja dan secara otomatis ekonomi juga akan ikut terpukul.

Namun demikian, ia menyatakan akan ada konsekuensi apabila pemerintah fokus pada sektor ini. Salah satunya adalah pemerintah harus membuat masyarakat untuk tinggal di rumah, seperti kebijakan work from home (WFH) saat ini.

"Jadi pemerintah perlu memberikan perlindungan sosial, Anda dibayar untuk tinggal di rumah. Itu sebabnya bantuan langsung tunai (BLT) sangat penting, karena kita perlu memberi kompensasi kepada orang-orang untuk tinggal di rumah," paparnya.

Baca Juga: ADB menambah dana bantuan penanganan corona menjadi US$ 20 miliar

Apabila pemerintah tidak mencukupi kebutuhan masyarakat, maka akibatnya akan ada banyak orang yang keluar rumah untuk bekerja. "Jadi ada kebutuhan kompensasi. Fokus kedua adalah perlindungan sosial," lanjut dia.

Fokus ketiga adalah memberikan dukungan kepada dunia usaha. Chatib memproyeksikan dalam waktu 3-6 bulan akan ada banyak perusahaan yang tertekan dan tidak bisa membayar utang.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×