Cadangan Devisa Emas Naik Jadi US$ 4,59 miliar di Desember 2021


Minggu, 09 Januari 2022 / 16:29 WIB
Cadangan Devisa Emas Naik Jadi US$ 4,59 miliar di Desember 2021
ILUSTRASI. Cadangan devisa emas alias monetary gold tercatat meningkat di tengah penurunan posisi cadangan devisa Indonesia.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cadangan devisa emas alias monetary gold  tercatat meningkat di tengah penurunan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2021 lalu.

Bank Indonesia (BI) mencatat, dari cadangan devisa sebanyak US$ 144,9 miliar di Desember 2021, besaran komponen cadangan emas moneter mencapai US$ 4,59 miliar, naik 1.46% dibandingkan bulan sebelumnya US$ 4,52 miliar.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy mengatakan, meningkatnya cadangan devisa emas dipengaruhi kenaikan harga emas yang terjadi sejak tahun 2020, dan sempat mencapai US$ 2000 per ons troi yang merupakan titik harga emas tertinggi selama 5 tahun terakhir.

“Selain harga emas, kenaikan ini juga dipengaruhi oleh kenaikan volume cadanga emas yang dilakukan BI. Asumsi ini saya dasarkan dari laporan BI yang menunjukkan saldo emas BI menunjukkan kenaikan dibandingkan posisi 2019,” kata Yusuf kepada Kontan.co.id, Minggu (9/1).

Baca Juga: Kenaikan Cadangan Devisa 2022 Bakal Tertahan Tapering Off

Yusuf melihat, meskipun cadangan devisa emas di 2021 nilainya stabil dan cenderung meningkat, namun proporsi komponen emas moneternya masih relatif kecil. Sehingga peran cadangan emas saat ini masih relatif kecil dibandingkan komponen devisa emas yang lainnya.

Sementara, Ekonom Makroekonomi dan Pasar Keuangan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia (UI) Teuku Riefky menilai, selain naiknya harga emas, kenaikan cadangan emas juga karena BI sengaja meningkatkan cadangan emas lantaran dianggap sebagai aset yang aman.

Baca Juga: Turun di Bulan Desember, Tapi Sepanjang 2021 Cadangan Devisa Naik US$ 9 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×