kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BSU 2021 telah tersalurkan kepada 4,9 juta pekerja hingga 26 September 2021


Senin, 27 September 2021 / 08:41 WIB
BSU 2021 telah tersalurkan kepada 4,9 juta pekerja hingga 26 September 2021
ILUSTRASI. Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah (tengah) saat penyaluran BSU


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) telah memasuki Tahap V. Menurut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, total data calon penerima BSU yang telah diserahkan BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan sebanyak 7.748.630 calon penerima.

Ida menambahkan, setelah melalui proses pemadanan data, BSU telah disalurkan sebanyak 4.911.200 orang penerima.

"Kami prioritaskan penerima BSU ini tidak menerima program lain, sehingga ada pemerataan penyaluran berbagai bantuan pemerintah yang telah dikeluarkan oleh pemerintah," kata Ida dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Senin (27/9).

Menaker Ida bersyukur, BSU yang digulirkan pemerintah dapat membantu pekerja/buruh yang terdampak pandemi Covid-19, khususnya di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Kami berharap semua program ini akan selesai di bulan Oktober 2021," tambah dia.

Baca Juga: Catat! Subsidi gaji bisa dicairkan penuh, tak kena biaya admin

Ida memastikan, dana bantuan pemerintah berupa BSU yang disalurkan melalui Bank Himbara tidak dikenakan potongan apapun, termasuk potongan biaya administrasi.

"Jadi bantuan BSU sebesar Rp 1 juta tersebut dapat ditarik atau dicairkan seluruhnya," kata Menaker Ida usai bertemu dengan penerima BSU di Manado, Sulawesi Utara.

Di sela-sela kunjungan kerjanya ke Provinsi Sulawesi Utara, Ida mengunjungi sejumlah pekerja/buruh penerima BSU tahun 2021.

Salah seorang penerima BSU yang ditemui oleh Ida yakni Diana Spencer yang merupakan pekerja Fiesta Swalayan di Manado. Dia pun mengutarakan rasa bahagianya karena mendapatkan BSU dari pemerintah.

Selain itu, Diana pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo yang telah menggulirkan program BSU.

“Bantuan ini sangat berarti bagi saya dan keluarga, karena operasional menjadi tidak stabil beberapa waktu ini, dan dengan BSU ini kebutuhan kami sehari-sehari dapat terbantu,” pungkas Diana.

Selanjutnya: Harga emas Antam stagnan di level Rp 918.000 per gram pada hari ini (27/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×