kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,16   -14,36   -1.64%
  • EMAS920.000 -0,86%
  • RD.SAHAM -1.01%
  • RD.CAMPURAN -0.38%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

BI: Keyakinan konsumen akan kondisi ekonomi saat ini meningkat


Senin, 10 Mei 2021 / 13:44 WIB
BI: Keyakinan konsumen akan kondisi ekonomi saat ini meningkat
ILUSTRASI. Sejumlah pengunjung memilih pakaian yang dijual di salah satu pusat belanja di Kudus, Jawa Tengah, Jumat (7/5/2021). BI: Keyakinan konsumen akan kondisi ekonomi saat ini meningkat.

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Persepsi konsumen akan kondisi ekonomi saat ini pada bulan April 2021, terpantau meningkat dari bulan sebelumnya. Ini terlihat dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat ini April 2021 yang sebesar 80,3 atau naik dari 72,6 pada bulan Maret 2021. 

“Meningkatnya IKE didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya, dengan kenaikan tertinggi pada indeks penghasilan saat ini,” ujar Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono, Senin (8/5). 

Erwin memerinci, pada April 2021 persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini mencatat indeks sebesar 88,4 atau naik 10,2  poin dari bulan sebelumnya. 

Hal tersebut terjadi karena adanya pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para pekerja dan peningkatan omzet usaha yang terjadi pada periode Ramadan dan jelang Idul Fitri yang berdampak pada perbaikan penghasilan masyarakat. 

Baca Juga: Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) April 2021 positif, BI: Konsumen makin optimistis

Kenaikan indeks terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran di bawah Rp 5 juta per bulan. Sementara dari sisi usia, indeks mengalami peningkatan pada seluruh kelompok usia, terutama pada kelompok responden usia 41 tahun hingga 50 tahun. 

Persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja saat ini terpantau membaik. Ini terlihat dari indeks ketersediaan lapangan kerja yang sebesar 68,0 atau naik dari 59,6 pada bulan sebelumnya.

Kenaikan terlihat pada seluruh kelompok pendidikan, terutama pada responden dengan tingkat pendidikan Akademi. Di sisi usia, kenaikan indeks juga terjadi pada seluruh kelompok usia. 

Seiring dengan membaiknya keyakinan terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja pada April 2021, keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama juga meningkat yaitu dari 80,0 menjadi 84,6. 

Kenaikan indeks terutama terlihat di pembelian barang elektronik dan perabot rumah tangga. Ini pun terlihat pada seluruh kelompok tingkat pengeluaran, terutama Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per bulan. Berdasarkan usia, terjadi kenaikan di seluruh kelompok usia terutama responden usia 20 tahun hingga 30 tahun. 

Selanjutnya: Ada larangan mudik, ekonomi tetap bisa tumbuh 6,9%-7,8% pada kuartal II 2021

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale

[X]
×