kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

BI ingin badan zakat dan wakaf dorong ekonomi


Minggu, 15 Mei 2016 / 13:30 WIB
BI ingin badan zakat dan wakaf dorong ekonomi

Reporter: Asep Munazat Zatnika | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Bank Indonesia melihat ada potensi yang cukup besar dari dana zakat dan wakaf yang dibayarkan masyarakat. Namun, dana-dana itu saat ini belum memberikan dampak yang cukup signifikan dalam memperbaiki kondisi sosial.

Dadang Mujawan, Deputi Direktur Departemen Makroprudensial BI mengatakan, untuk bisa menggerakan dana zakat maka harus membuat sistem tata kelolanya. Salah satunya mengintegrasikan lembaga-lembaga yang selama ini mengumpulkan dana zakat seperti Badan Amil Zakat NAsional (BAZNAS).

Dadang mengaku jumlah dana zakat secara nasional dalam setahun bisa mencapai jutaan Dollar Amerika Serikat (AS). Dana-dana itu bisa berdampak terhadap pertumbuhan, jika disalurkan kepada program sosial.

Misalnya, untuk dana siaga bencana alam dan bantuan sosial bagi yatim piatu. "Ini akan mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap subsidi sosial," kata, dadang, Minggu (15/5) di Jakarta.

Dengan begitu, maka pemerintah bisa mulai mengurangi ruang fiskal yang selama ini diberikan untuk subsidi dan mengalihkan untuk program lain yang menjadi prioritas. Misalnya pembangunan infrastruktur, yang menjadi mesin pertumbuhan pemerintah.

Hal itu disampaikan Dadang dalam acara pertemuan tahunan Islamic Development Bank (IDB) ke-41 hari ini. Acara tersebut rencananya akan berlangsung mulai hari ini, Minggu (15/5) hingga tanggal 17 Mei 2016 nanti di Jakarta Convention Center (JCC)

Dampak lainnya dari pengelolaan zakat adalah bisa mengurangi masalah sosial, dan mempersempit gap pendapatan masyarakat. Dadang juga yakin, dana yang bersumber dari zakat memiliki daya tahan lebih kuat dari kerentatnan krisis ekonomi.

Berbeda halnya dengan dana-dana yang ada di pasar modal atau penerbitan surat utang dan dana perbankan. Dana-dana itu memiliki kerentanan yang tinggi terhadap ancaman krisis.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×