kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bertemu Presiden PKS, Prabowo ungkap alasan gabung pemerintahan Jokowi


Selasa, 22 Oktober 2019 / 22:44 WIB

Bertemu Presiden PKS, Prabowo ungkap alasan gabung pemerintahan Jokowi
ILUSTRASI. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) didampingi Wakil Ketua Umum Edhy Prabowo mengangkat ibu jari seusai bertemu Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Prabowo Subianto mengungkapkan alasannya ber


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungkapkan alasannya bergabung dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo saat bertemu Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman. Pertemuan terjadi di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (22/10) malam. 

Menurut Sohibul Iman, Prabowo merasa bisa memberikan kontribusi lebih baik terhadap negara jika bergabung dalam pemerintahan, khususnya di bidang pertahanan. 

Baca Juga: Luhut Panjaitan tiba di Istana, ini jajaran menteri lama yang dipanggil Jokowi

"Kalkulasi rasional dari Gerindra, mereka melihat bahwa kalau masuk dalam pemerintahan Pak Jokowi, mereka bisa memberikan kontribusi jauh lebih baik, dan itu kami hormati," ujar Sohibul saat memberikan keterangan seusai pertemuan. 

"Jadi Pak Prabowo melihat masuk dalam pemerintahan itu memberikan peluang bisa mengabdi lebih baik daripada di luar. Ya kami hormati," ucapnya. 

Dalam pertemuan itu, Sohibul Iman juga menegaskan sikap politik PKS yang berbeda dengan Partai Gerindra. PKS memilih berada di luar pemerintahan dan tetap menjadi oposisi. 

Meski berbeda sikap, Sohibul menekankan partainya akan tetap menjalin komunikasi dengan Partai Gerindra. 

"Kami tegaskan meski pilihan politik kami berbeda. Pak Prabowo memilih untuk di dalam kami tetap di luar. Tapi kita tetap saling menghormati dan komunikasi, silaturahim tetap kami jaga," kata Sohibul. 

Baca Juga: Tjahjo muncul di Istana, begini komposisi muka baru dan lama calon menteri Jokowi

Seperti diketahui Prabowo telah menyatakan bergabung dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Bahkan Prabowo memastikan Partai Gerindra mendapat jatah dua menteri dalam kabinet. 

Sementara, PKS merupakan mitra koalisi Partai Gerindra pada Pilpres 2019 yang mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (Kristian Erdianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bertemu Presiden PKS, Prabowo Ungkap Alasan Gabung Pemerintahan Jokowi"


Sumber : Kompas.com
Editor: Tendi

Video Pilihan


Close [X]
×