kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bertemu Jokowi, Purnawirawan TNI-Polri beri masukan soal RUU HIP


Jumat, 19 Juni 2020 / 16:54 WIB
Bertemu Jokowi, Purnawirawan TNI-Polri beri masukan soal RUU HIP
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi)


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan para Purnawirawan TNI-Polri, Jumat (19/6). Dalam pertemuan tersebut, Menko Polhukam Mahfud MD mendampingi Jokowi.

Mahfud mengatakan, Jokowi menerima dengan positif masukan dari para purnawirawan, salah satunya tentang Rancangan Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Mahfud pun membeberkan beberapa masukan para purnawirawan tersebut. Dia mengatakan, pada prinsipnya, para purnawirawan TNI-Polri setuju dengan pandangan presiden, yakni bila terdapat Undang-Undang tentang kelembagaan pembinaan ideologi negara atau ideologi pancasila, maka Ketetapan MPRS Nomor 25 Tahun 1966 ditegaskan berlaku.

Baca Juga: Jokowi yakin hakim akan memutus dengan adil proses hukum penyidik KPK Novel Baswedan

"Kemudian, Pancasila itu adalah Pancasila yang ada dalam UUD 1945 yang terdiri dari lima sila yang selama ini kita pakai," ujar Mahfud dalam keterangan tertulis, Jumat (19/6).

Dia mengatakan, para purwanirawan berharap pemerintah menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dan tidak menolerir setiap upaya destruksi terhadap keutuhan Pancasila dari paham-paham yang mengancam.

"Mereka ingin Pancasila tidak tercabik-cabik oleh paham yang merusak Pancasila, seperti liberalisme, komunisme dan radikalisme," kata Mahfud.

Pertemuan Jokowi dengan Purnawirawan TNI-Polri digelar di Isatana Bogor. Tak hanya didampingi Mahfud MD, dalam pertemuan tersebut ada pula Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Idham Azis.

Purnawirawan yang hadir adalah Tri Sutrisno, Agum Gumelar, Widjojo Sujono, Ade Supandi, Djoko Suyanto, Rais Abin, Sayidiman Suryohadiprojo, Saiful Sulun, Bambang Darmono, Kiki Syahnakri, Bambang Hendarso Dahuri.

Baca Juga: Mahfud MD : Presiden tegaskan komunis, Marxisme dan Leninisme terlarang di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×