kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Belum Saatnya, Ini Syarat Transisi dari Pandemi menjadi Endemi Menurut Menkes


Selasa, 31 Mei 2022 / 23:05 WIB
Belum Saatnya, Ini Syarat Transisi dari Pandemi menjadi Endemi Menurut Menkes


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Kesehatan atau Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ada sejumlah syarat yang harus Indonesia penuhi sebelum melakukan transisi dari pandemi menjadi endemi. 

Pandemi Covid-19, dia menegaskan, merupakan pandemi global. Sehingga, keputusan untuk melakukan transisi dari pandemi menjadi endemi tidak bisa suatu negara putuskan sendiri, harus koordinasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Ini pandemi global, Indonesia tidak bisa mengambil keputusan sendiri mengenai ini sudah menjadi endemi," kata Menkes usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo, Selasa (31/5), dikutip dari setkab.go.id.

Budi menjelaskan, terdapat beberapa pertimbangan dalam memutuskan transisi pandemi menuju endemi. Salah satunya, kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. 

Pemerintah, dia bilang, secara bertahap akan memindahkan tanggungjawab menjaga kesehatan ke masing-masing individu.

Baca Juga: Soal Kapan Masyarakat Bisa Lepas Masker, Ini Jawaban Menkes

"Kalau itu sudah berhasil, masyarakat sudah paham, sudah teredukasi dengan baik, sudah memahami bagaimana protokol kesehatan seharusnya, sudah memiliki judgement kapan mesti melakukan apa, itu adalah ciri-ciri penyakit yang sudah menjadi endemi," sebutnya.

Selain itu, ada tiga faktor transmisi komunitas yang harus Indonesia penuhi sebelum memutuskan transisi pandemi menuju endemi. Ketiga syarat itu harus Indonesia penuhi selama tiga bulan berturut-turut.

"Ada aturan WHO soal tiga faktor transmisi komunitas. Berapa kasus per 100 ribu, berapa yang masuk rumahsakit per 100 ribu, berapa yang meninggal per 100 ribu, itu harus level 1, selama tiga bulan berturut-turut," tegas Budi.

Selain itu, "Vaksinasinya di atas 70 persen, minimal 70 persen dosis kedua. Itu semua menjadi pertimbangan kami dari sektor kesehatan merasa cukup yakin bahwa sudah bisa dibuat keputusan transisi dari pandemi menjadi endemi," imbuh dia.

Hanya, Budi menambahkan, transisi dari pandemi menuju endemi tidak hanya berdasarkan pertimbangan sektor kesehatan, tetapi juga ekonomi, sosial, dan politik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×