kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Banjir Jakarta, ini yang sudah dilakukan pemerintah pusat


Kamis, 27 Februari 2020 / 10:25 WIB
Banjir Jakarta, ini yang sudah dilakukan pemerintah pusat
ILUSTRASI. JAKARTA,25/02-BANJIR Kendaraan mengantri untuk dapat menerobos genangan air yang membanjiri kawasan Pasar Baru, Jakarta, Selasa (25/02). Tingginya intensitas hujan mengakibatkan sejumlah wilayah di Jakarta kembali digenangi air yang membuat aktivitas pere

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku telah melakukan berbagai upaya dalam pengendalian banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Basuki menuturkan, penanganan banjir tidak terbatas soal administrasi. Dalam upaya tersebut Kementerian PUPR juga bekerja sama dengan pemerintah daerah terkait, khususnya DKI Jakarta.

Menurut Basuki, dia sering berkomunikasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai penanganan banjir. "Mohon dipahami bahwa penanganan air itu bukan administrasi. Jadi penanganannya adalah wilayah sungai," tutur Basuki di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (26/2).

Baca Juga: Anies Baswedan selalu disalahkan karena banjir, Fadli Zon mengaku merasa aneh

Penanganan banjir di Jakarta

Basuki mengatakan penanganan banjir yang terjadi di wilayah Jakarta, salah satunya adalah dengan menormalisasi Sungai Ciliwung. Sepanjang 16 kilometer dari total panjang 33 kilometer sudah dinormalisasi.

Selain itu, Kementerian PUPR saat ini mengerjakan proyek Sodetan Kali Ciliwung sepanjang 1,2 kilometer, yang progresnya baru berjalan sepanjang 600 meter. 

"Kami lakukan normalisasi Kali Angke dan Pesanggrahan. Jadi ada PAS, Pesanggrahan, Angke, dan Sunter," ucap Basuki di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (26/2).

Dia menyebut, hulu Kali Angke sudah dinormalisasi sepanjang 30,4 kilometer dari total rencana sepanjang 42,8 kilometer.

Kemudian normalisasi Kali Pesanggrahan rencananya akan dilakukan sepanjang 42,8 kilometer. Hingga kini realisasi kegiatan tersebut baru mencapai 21,7 kilometer. Terakhir Kali Sunter.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×