kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.742.000   28.000   1,63%
  • USD/IDR 16.354   42,00   0,26%
  • IDX 6.516   -131,79   -1,98%
  • KOMPAS100 926   -15,28   -1,62%
  • LQ45 727   -11,27   -1,53%
  • ISSI 204   -5,48   -2,62%
  • IDX30 379   -5,12   -1,33%
  • IDXHIDIV20 454   -6,82   -1,48%
  • IDX80 105   -1,64   -1,53%
  • IDXV30 108   -1,53   -1,40%
  • IDXQ30 124   -1,87   -1,49%

40 Persen Masyarakat Tidak Percaya Parpol


Selasa, 21 Oktober 2008 / 15:48 WIB


Reporter: Yohan Rubiyantoro |

JAKARTA. Lembaga Riset Informasi menyatakan sebesar 40 % masyarakat tidak percaya terhadap partai politik karena dianggap tidak dapat mewakili aspirasi rakyat. Hal tersebut disampaikan Presiden LRI Johan Silalahi dalam pemaparan Survey Pemilu 2009, Selasa (21/10).

Survey yang dilakukan di 33 provinsi dengan responden sejumlah 2.400 orang ini juga menghasilkan bahwa 53% masyarakat menyatakan tidak puas dengan kinerja partai politik lama. Dan sebesar 49 % responden menyatakan tidak percaya terhadap kehadiran parpol baru. "hanya 29% responden yang percaya dengan parpol baru," ucap Johan.

Survey yang digelar tanggal 25 Agustus sampai 7 September ini menghasilkan bahwa popularitas Golkar masih menjadi yang tertinggi (33,9%) dan urutan kedua diduduki oleh PDI Perjuangan (28,1%).

Sedangkan dari jajaran parpol baru yang resmi menjadi peserta pemilu 2009, Partai Hanura merupakan parpol yang paling dikenal secara spontan oleh masyarakat dengan persentase sebesar 34,2%. Selain itu, parpol baru lainnya yang paling diketahui oleh masyarakat adalah Partai Gerindra yakni dengan persentase sebesar 25,2%,

Sementara itu, hal yang diharapkan oleh masyarakat sepanjang berlangsungnya kegiatan kampanye menunjukkan; 61% responden ingin memperoleh informasi program parpol, 14% ingin memperoleh uang dari kampanye, 13 % ingin memperoleh hiburan dan 5 % ingin memperoleh atribut partai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES) Brush and Beyond

[X]
×