kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SBY akan lantik menkeu baru pekan ini, siapa dia?


Senin, 13 Mei 2013 / 10:33 WIB
SBY akan lantik menkeu baru pekan ini, siapa dia?
ILUSTRASI. Petugas Customer Service melayani nasabah di Kantor Cabang BNI Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (31/12/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Kalau tidak ada aral melintang, jabatan definitif untuk Menteri Keuangan (Menkeu) baru akan segera diisi pada pekan ini. Menurut Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah memilih siapa yang akan menjadi Menkeu baru dan akan melakukan pelantikan pada pekan ini juga.

Menurut Hatta, menteri keuangan yang baru bukan dari kalangan partai politik seperti yang diisukan beberapa hari ini. Ia menegaskan Drajad Wibowo yang adalah wakil ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) bukanlah calon menkeu baru.

"Tunggu saja, besok, Selasa, atau lusa, yang penting dalam waktu dekat ini, menkeu baru akan dilantik," ujar Hatta di Kantor Presiden, Senin (13/5).

Catatan saja, sejak ditinggal Agus Marto yang melenggang menjadi Gubernur BI, posisi Menkeu kini dijabat Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, yang merangkap sebagai Pelaksana Tugas Harian (Plt). Namun, keberadaan Menkeu pengganti, harus segera ditetapkan.

Juru Bicara Presiden Julian Aldrian Pasha mengatakan, saat ini SBY belum mengangkat siapapun untuk menggantikan posisi Agus DW Martowardojo. Namun demikian, dia membenarkan jika Presiden memang sudah mengantongi nama untuk memimpin lembaga fiskal tersebut.

Meskipun ada sejumlah nama yang dinilai berpotensi menjadi calon menkeu. Mereka adalah Armida Alisjahbana yang saat ini menjabat sebagai Menteri Negara PPN/Kepala Bappenas, kemudian Gita Wirjawan yang menjabat sebagai Menteri Perdagangan. Adapula nama seperti Chatib Basri (Kepala BKPM) dan Darmin Nasution (Gubernur BI) yang segera pensiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×