: WIB    --   
indikator  I  

Jokowi-PM Abe singgung nuklir Korea Utara

Jokowi-PM Abe singgung nuklir Korea Utara

JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Jepang, Shinzu Abe, Minggu (15/1) sore bertemu di Istana Negara. Dalam pertemuan tersebut, Abe mengatakan, dirinya dan Jokowi membahas banyak hal.

Salah satunya, masalah Korea Utara. Yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah pengembangan nuklir dan rudal Korea Utara, yang menurutnya telah menjadi ancaman baru.

"Kami bertukar pikiran mengenai pelaksanaan secara tegas resolusi PBB soal itu," kata Abe usai pertemuan.

Selain pengembangan nuklir, Abe mengatakan, dirinya dan Jokowi juga membahas kasus penculikan warga negara Jepang oleh Korea Utara. "Kedua negara sepakat kerjasama supaya isu penculikan yang menjadi tantangan terberat Pemerintahan Abe bisa segera diatasi," kata Abe.

Presiden Joko Widodo mengatakan, selain isu tersebut, dirinya dengan Abe juga membahas beberapa upaya peningkatan kerjasama di bidang ekonomi. Di sektor ini, kedua negara ingin meningkatkan kerjasama dalam pembangunan infrastruktur.

Di bidang ekonomi, Indonesia juga meminta Jepang untuk bisa membuka pasar mereka terhadap produk perikanan dan pertanian Indonesia.


Reporter Agus Triyono
Editor Adi Wikanto

KERJASAMA

Feedback   ↑ x