kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.946.000   -2.000   -0,10%
  • USD/IDR 16.407   -125,00   -0,76%
  • IDX 7.513   -24,87   -0,33%
  • KOMPAS100 1.057   -2,44   -0,23%
  • LQ45 792   -4,39   -0,55%
  • ISSI 255   -0,97   -0,38%
  • IDX30 413   0,98   0,24%
  • IDXHIDIV20 469   1,26   0,27%
  • IDX80 119   -0,45   -0,38%
  • IDXV30 122   0,28   0,23%
  • IDXQ30 131   0,47   0,36%

YLKI terima 620 pengaduan dari konsumen


Kamis, 24 Januari 2013 / 17:11 WIB
YLKI terima 620 pengaduan dari konsumen
ILUSTRASI. Dokter Mayank Amin menyuntikkan vaksin penyakit virus corona (COVID-19) Pfizer-BioNTech kepada Helen Pepe, 94 tahun. REUTERS/Hannah Beier


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia menerima 620 pengaduan konsumen sepanjang tahun 2012.

Pengaduan tersebut disampaikan melalui surat langsung sebanyak 145, dan 196 melalui surat tembusan, 204 melalui surat elektronik, dan 75 mengadukan langsung ke YLKI.

Ketua Pengurus Harian YLKI Sudaryatmo, di Jakarta, Kamis (24/1/2013), mengatakan dari total pengaduan yang masuk sebanyak 385 pengaduan sudah ditindaklanjuti.

"Tindak lanjut tersebut berupa advokasi pengaduan dan mediasi kepada pelaku usaha," katanya.

Menurunnya jumlah konsumen yang mau mengadukan kekecewaannya selama ini memang tidak terlalu banyak. Padahal, praktik di lapangan banyak konsumen yang mengeluh atas ketidaknyamanan sutau produk.

"Masih banyak yang enggan atau takut untuk melaporkan. Memang pernah ada kasus kriminalisasi konsumen seperti pada kasus Prita, tetapi konsumen sebenarnya tak perlu takut," ujarnya. (Eny Prihtiyani/Kompas.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak Executive Macro Mastery

[X]
×