kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada dan siaga! BMKG peringatkan cuaca ekstrem hingga besok di wilayah ini


Rabu, 17 Juni 2020 / 10:45 WIB
Waspada dan siaga! BMKG peringatkan cuaca ekstrem hingga besok di wilayah ini
ILUSTRASI. Ilustrasi cuaca ekstrem. ANTARA FOTO/Rahmad/aww.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bencana banjir tampak dialami oleh sejumlah wilayah di Indonesia dalam beberapa hari terakhir ini. Namun, Anda tetap harus waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang masih bisa terjadi hari ini dan esok hari. 

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat bahkan disertai angin kencang terjadi karena beberapa keadaan atmosfer yang menjadi pemicunya. 

Pelaksana Tugas Bidang Klimatologi Drs Herizal MSc menyatakan, ada intrusi udara kering dari belahan bumi utara (BBU) melintasi wilayah Samudra Pasifik Utara Papua. "Keadaan ini menyebabkan daerah di depan muka intrusi kondisi udara menjadi lebih lembap," kata dia. 

Baca Juga: Cuaca hari ini di Jabodetabek berpotensi hujan, jaga-jaga bawa jas hujan

Massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia, kecuali di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Maluku Utara, dan Maluku. 

Begitu juga ada sekitar 17 daerah provinsi di Indonesia yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang hingga kuat. "Terdapat daerah tekanan rendah di Samudra Hindia Barat Daya Sumatera serta sirkulasi siklonik di Samudra Hindia Selatan Jawa Timur. Konvergensi (pertemuan angin) memanjang di Sumatera Barat hingga Bengkulu, di Laut Timor," ujar dia. 

Baca Juga: Cuaca hari ini di Indonesia sebagian besar hujan, waspada angin kencang

Selain itu, daerah belokan angin terdapat di Sumatera bagian tengah, Kalimantan, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Samudra Pasifik utara Papua. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×