kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.755   -3,00   -0,02%
  • IDX 7.480   -25,75   -0,34%
  • KOMPAS100 1.154   -2,95   -0,26%
  • LQ45 913   0,81   0,09%
  • ISSI 227   -1,59   -0,70%
  • IDX30 471   1,26   0,27%
  • IDXHIDIV20 567   3,73   0,66%
  • IDX80 132   -0,15   -0,11%
  • IDXV30 139   -0,18   -0,13%
  • IDXQ30 157   0,79   0,50%

Survei: Pendapatan UMKM akan melonjak 160% jika jualan lewat e-commerce


Jumat, 03 Juli 2020 / 04:33 WIB
Survei: Pendapatan UMKM akan melonjak 160% jika jualan lewat e-commerce
ILUSTRASI. Ilustrasi pameran UMKM. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/26/04/2017


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Komisaris Sea Group Pandu P Sjahrir mengatakan, pendapatan rata-rata yang diterima oleh para pelaku UMKM bila berjualan melalui e-commerce akan mengalami peningkatan lebih dari 160%. Ini berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya.

"Sementara untuk peningkatan produktivitas penggunaan e-commerce bisa mencapai 110%. E-commerce bisa menurunkan biaya operasional toko, meningkatkan produktivitas dan fleksibilitas bekerja," ujarnya dalam temu pers yang disiarkan secara virtual, Kamis (2/7/2020).

Pandu juga mengatakan, dalam survei itu, ada 70% responden yang mengakui akan terus memanfaatkan media digital melalui e-commerce untuk berjualan dan berbelanja mulai hari ini hingga saat new normal berlangsung.

Baca Juga: Fintech P2P lending dinilai memiliki peluang untuk dorong pertumbuhan UKM

Sementara untuk jenis media yang dilakukan dalam mempromosikan jualannya berbeda-beda. Misalnya saja ada 51% responden yang meningkatkan penjualan lewat platfrom e-commerce, 50% meningkatkan penjualan menggunakan video streaming dan 49 persen meningkatkan penjualannya melalui pelatihan secara online.

"Untuk penjualan melalui e-commerce akan didominasi oleh sektor retailer, industri rumahan, makanan dan akomodasi," katanya.

Baca Juga: Perbankan bersiap untuk memacu kredit di semester II ini

Pandu juga berpendapat bahwa memanfaatkan digital untuk menunjang penjualan para UMKM bukanlah hal yang mudah. Selama Pandemi Covid-19 UMKM akan memiliki hambatan-hambatan dalam mengaplikasikan digital untuk penjualannya seperti minimnya pengetahuan, sulitnya mereka bekerja dari rumah hingga tidak memiliki permodalan.


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×