kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,51   -6,42   -0.63%
  • EMAS992.000 0,51%
  • RD.SAHAM -0.57%
  • RD.CAMPURAN -0.12%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Survei BI: Persepsi konsumen akan kondisi ekonomi saat ini semakin membaik


Rabu, 08 Desember 2021 / 18:25 WIB
Survei BI: Persepsi konsumen akan kondisi ekonomi saat ini semakin membaik
ILUSTRASI. Penjualan Ritel Modern: Suasana belanja di sebuah supermarket di Tangerang Selatan, Selasa (18/05). Survei BI: Persepsi konsumen akan kondisi ekonomi saat ini semakin membaik.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kepercayaan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini masih terus membaik, meski masih tertahan di area pesimistis. 

Berdasarkan survei konsumen Bank Indonesia (BI), ini tercermin dari Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) pada bulan November 2021 yang sebesar 99,2, atau naik dari 91,8 pada bulan sebelumnya. 

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, peningkatan persepsi konsumen akan kondisi ekonomi saat ini didorong oleh adanya pelonggaran pembatasan mobilitas. 

“Sehingga, aktivitas ekonomi membaik, dan penghasilan masyarakat membaik, sejalan dengan meningkatnya mobilitas,” tulis Erwin dalam laporannya, Rabu (8/12). 

Baca Juga: Peningkatan inflasi belum cerminkan peningkatan permintaan yang signifikan

Erwin kemudian memerinci, meningkatnya IKE ini didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya, terutama pada Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja yang naik 9,7 poin menjadi 96,3 pada bulan November 2021. 

Kenaikan indeks tersebut terjadi pada seluruh kelompok pendidikan, khususnya responden dengan latar belakang pendidikan SLTA. Berdasarkan usia responden, peningkatan indeks juga terjadi pada seluruh kelompok usia. 

Selanjutnya, peningkatan IKE didorong oleh peningkatan Indeks Penghasilan Saat Ini sebesar 7,8 poin menjadi 108,3. 

Peningkatan Indeks Penghasilan saat Ini terutama terlihat pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per bulan.

Baca Juga: Kemenkeu akan fokus pada pembiayaan digital untuk UKM di 2022

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMODP)

[X]
×