kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Subsidi dipangkas, harga solar pasti akan naik


Senin, 13 Juni 2016 / 16:45 WIB

Subsidi dipangkas, harga solar pasti akan naik

Jakarta. Menteri koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku sudah mempersiapkan langkah-langkah jika subsidi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar jadi dipangkas. Sebab, dari pemangkasan subsidi solar dari Rp 1.000 per liter menjadi Rp 350 per liter, atau 35% itu akan mengakibatkan harga jual eceran solar bersubsidi naik.

Darmin belum bisa memastikan, berapa kenaikan harga solar nantinya. Yang jelas, yang perlu disiapkan adalah dampak lanjutan jika harga BBM naik, maka inflasi juga akan ikut terpengaruh.


Walaupun, tambahan inflasinya tidak akan lebih dari target inflasi pemerintah dalam RAPBN-P 2016, 4%. "Bantalan sosial sudah kita siapkan untuk menjaga daya beli masyarakat," kata darmin, Senin (13/6) di Gedung DPR, Jakarta.

Darmin mengaku, pihaknya akan terus menyempurnakan mekanisme penyaluran bantuan sosial agar tepat sasaran.

Dalam kesempatan terpisah, Plt Kepala Badan Kebijakan FIskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengaku, pemangkasan tersebut masih akan menunggu keputusan badan anggaran (Banggar). Rencananya, pembahasan anggaran subsidi akan dilakukan setelah Panja pemerintah dan DPR membahas dan menyepakati penerimaan pajak (PPh) migas dan penerimaan bukan pajak (PNBP) yang dijadwalkan pada Rabu (15/6) mendatang.


Reporter: Asep Munazat Zatnika
Editor: Adi Wikanto
Video Pilihan


Close [X]
×