kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45878,23   -4,70   -0.53%
  • EMAS937.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Strategi pemerintah antisipasi perlambatan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2020


Minggu, 09 Februari 2020 / 14:09 WIB
Strategi pemerintah antisipasi perlambatan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2020
ILUSTRASI. Aktivitas bongkar muat di Terminal Petikemas Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (3/1). Pemerintah antisipasi tekanan ekonomi di kuartal I-2020.

Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 sebesar 5,02%. Pertumbuhan tersebut tak mencapai target pemerintah. Sementara pada awal 2020, tekanan ekonomi berpotensi berlanjut dan makin memperlambat laju pertumbuhan kuartal I-2020.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, kondisi global memang tidak begitu baik pada kuartal IV 2019. Itulah sebabnya pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV 2019 hanya 4,97%.

Baca Juga: Cegah perlambatan konsumsi rumah tangga untuk jaga pertumbuhan ekonomi kuartal I-2020

Sementara di kuartal pertama tahun ini, Iskandar menilai laju pertumbuhan konsumsi masih tertekan lantaran faktor mewabahnya virus corona yang menghantam sektor pariwisata. “Ya mungkin (konsumsi) di kisaran 4,95% pada triwulan pertama,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Jumat (7/2).

Menyadari risiko perlambatan ekonomi dan dalam rangka mempertahankan daya beli masyarakat yang menjadi sumber pertumbuhan, pemerintah telah melakukan sejumlah antisipasi.

“Salah satunya dengan menurunkan suku bunga KUR (kredit usaha rakyat) menjadi 6% dan meningkatkan plafon KUR sebesar 37% menjadi Rp 140 triliun,” lanjut Iskandar.

Baca Juga: Ekonomi melambat, Sri Mulyani optimistis tetapi tetap waspada

Dengan kebijakan KUR tersebut, diharapkan geliat ekonomi pada kelompok masyarakat kelas menengah ke bawah tetap terjaga, baik dari sisi pendapatan maupun pengeluaran atau konsumsinya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×